Artikel Terkait

Contoh Surat Permohonan yang Efektif untuk Berbagai Keperluan Senin, 17 April 2023 Tags : Sales Contract,Surat Niaga
Contoh Surat Pernyataan Perjanjian dalam Bisnis: Memahami Isi dan Formatnya Rabu, 12 April 2023 Tags : Sales Contract,Surat Niaga
Sales Contract: Definisi, Manfaat, Isi dan Contohnya Jumat, 23 Desember 2022 Tags : Sales Contract,Surat Niaga
Buat Surat Perjanjian Kontrak Kerjasama secara Online, Amankah? Jumat, 25 November 2022 Tags : Sales Contract,Surat Niaga
Surat Niaga: Yuk Kenali Jenis-Jenis dan Strukturnya Kamis, 10 November 2022 Tags : Sales Contract,Surat Niaga
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Buat Surat Perjanjian Kontrak Kerjasama secara Online, Amankah?

Surat perjanjian kontrak kerjasama adalah surat yang sering dibuat ketika beberapa pihak melakukan kerjasama. Surat perjanjian kerjasama sering dibuat dalam sebuah bisnis agar proyek bisnis tersebut menjadi lebih aman. Hal ini dikarenakan surat, perjanjian kontrak kerjasama bersifat sah dimata hukum.

Saat ini, sudah mulai masuk era transformasi digital dimana setiap operasional bisnis dilakukan secara online. Begitu juga dengan pembuatan dokumen perjanjian dan kerjasama dapat juga dilakukan dengan online. Hal ini dikarenakan, prosesnya kan lebih mudah dan lebih cepat sehingga proyek dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

Lalu apabila surat perjanjiannya dibuat secara online apakah bisa dipertanggung jawabkan? Surat perjanjian kontrak bersifat sah jika Anda menggunakan tanda tangan digital bersertifikasi dan e meterai. Namun sebelum itu mari kita simak mengenai perjanjian kontrak kerjasama!

 

Apa itu Surat Perjanjian Kontrak Kerjasama?

Surat perjanjian kontrak kerjasama adalah surat yang dibuat oleh dua pihak yang mengadakan kerjasama atau kontrak. Surat ini berisi mengenai ketentuan khusus yang telah disepakati oleh kedua pihak yang mengadakan perjanjian. Melalui surat ini, kedua pihak harus mengetahui hak dan kewajibannya sesuai dengan isi surat yang tercantum.

Surat perjanjian kerjasama kontrak disebut juga sebagai MoU atau sering disebut sebagai memorandum of understanding. Surat ini mengikat pihak-pihak yang mengadakan perjanjian. Dimana seluruh pihak wajib melakukan hal yang telah disepakati di dalam surat perjanjian. 

Bagi mereka yang melanggar akan terkena konsekuensi hukum karena surat ini bersifat sah di mata hukum. Hal ini dikarenakan surat ini ditandatangani di atas materai dan bisa disertai saksi yang dihadirkan saat kesepakatan. Dalam bisnis, surat perjanjian kontrak kerjasama berisi proyek yang akan dilakukan oleh kedua pihak.

Ada dua jenis surat perjanjian kerjasama yang umum dibuat yaitu surat perjanjian autentik dan surat perjanjian dibawah tanda tangan.

  • Surat Perjanjian Autentik

Surat perjanjian yang dibuat, dihadiri dan diketahui oleh pihak pemerintah sebagai saksi dari perjanjian.

  • Surat Perjanjian di Bawah Tanda Tangan

Surat perjanjian yang dibuat tanpa saksi dari pihak pemerintah. Hanya berupa tanda tangan yang dibubuhi pada dokumen perjanjian. 

 

3 Fungsi Surat Perjanjian Kontrak Kerjasama

Surat perjanjian kerjasama tidak bisa dibuat sembarangan. Karena itu, ketahuilah beberapa fungsi dari surat perjanjian berikut manfaat dalam pembuatannya. Surat perjanjian ini setidaknya memiliki empat fungsi mendasar, di antaranya:

  • Keamanan Pihak yang Bekerjasama

Melalui surat kerjasama seluruh pihak dalam kerjasama akan merasa aman. Perjanjian bersifat sah secara hukum sehingga seluruh pihak wajib melakukan kewajiban dan mendapatkan haknya

  • Mengurangi Risiko

Apabila dalam perjanjian tidak sesuai dengan kesepakatan maka dapat terjadi perselisihan. Surat perjanjian dapat mengurangi potensi resiko yang terjadi dalam sebuah kerjasama.

  • Penyelesaian Perselisihan

Jika di dalam sebuah perjanjian terjadi perselisihan. Maka surat perjanjian kerjasama dapat menjadi acuan untuk penyelesaian perselisihan. Surat ini dapat dijadikan bukti yang sah di mata pengadilan.

 

3 Jenis-Jenis Surat Perjanjian Kontrak Kerjasama

Ada beberapa jenis surat perjanjian kerjasama yang dibuat oleh perusahan dan bisnis. Berikut beberapa contohnya yang harus Anda ketahui!

  • Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil

Perjanjian kerjasama bagi hasil dibuat jika seseorang memiliki modal kurang dalam membangun bisnis. Dia kemudian bekerjasama dengan orang lain yang dapat memberikan modal. Oleh karena itu, pemberi modal berhak mendapatkan persenan hasil keuntungan dari usaha.

  • Surat Perjanjian Kerjasama Dagang

Surat perjanjian kerjasama dagang adalah surat yang dibuat jika ada beberapa pihak yang menjalin kerjasama dalam berdagang. Misalnya Anda memiliki produk minuman akan menitipkan produk Anda ke supermarket. Maka dibuatlah surat kerjasama dagang antara Anda dan supermarket tersebut.

  • Surat Perjanjian Kerjasama Perusahaan

Surat perjanjian kerjasama antara perusahaan dibuat untuk perusahaan yang akan mengadakan kerjasama. Biasanya dalam surat juga dicantumkan identitas perusahaan seperti logo dan kop. Selain itu, juga hak dan kewajiban dari dua perusahaan yang akan bekerjasama.

 

Syarat Surat Perjanjian Kerjasama

Ada beberapa syarat agar kedua pihak dapat mengadakan surat perjanjian kontrak kerjasama yang sah secara hukum. Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi!

  1. Kedua pihak telah sepakat mengadakan kerjasama tanpa ada paksaan dari salah satu pihak
  2. Pihak yang bekerjasama sudah dewasa secara hukum
  3. Objek yang akan dijanjikan dapat ditelaah dengan jelas
  4. Perjanjian dibuat sesuai dengan ketentuan hukum dan tidak melanggar undang-undang dan peraturan yang berlaku di negara.

 

Surat Perjanjian Kontrak Kerjasama Digital Sah?

Perkembangan teknologi telah membuat adanya transformasi digital sehingga proses pembuatan surat kerjasama dapat dilakukan secara online. Namun, apakah sah jika dibuat secara online?

Surat perjanjian kerjasama akan memiliki kekuatan di mata hukum jika dokumen perjanjian kerjasama diberi produk keamanan digital seperti e meterai dan tanda tangan digital bersertifikasi.

  • E meterai

Jika Anda membuat dokumen penting biasanya akan menggunakan meterai agar dokumen tersebut memiliki kekuatan hukum. Sama seperti materai biasa, e meterai memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. 

Berdasarkan UU No 11. Tahun 2008 (UU ITE), e meterai adalah meterai yang digunakan untuk dokumen elektronik. Selain itu, e meterai menjadi bukti hukum yang sah sehingga kedudukannya sama dengan dokumen kertas.

  • Tanda Tangan Digital Bersertifikasi

Tanda tangan digital memiliki beberapa jenis, ada yang sah secara hukum. Namun tidak semua jenis tanda tangan digital memiliki tingkat kekuatan hukum yang sama. 

Jika Anda ingin tanda tangan digital yang memiliki kekuatan hukum yang kuat maka Anda harus menggunakan tanda tangan digital bersertifikasi.Tanda tangan digital qualified harus memiliki sertifikasi yang diterbitkan oleh sarana sertifikasi yang tepat. 

Proses penandatanganan harus melakukan identifikasi awal dari penandatangan melalui proses audit seperti certificate authority. Oleh karena itu, keamanan dari tanda tangan digital ini dapat terjamin

 

Beli e Meterai dan Tanda Tangan Digital dengan Aman dan Terpercaya di Dimensy aja

Jika Anda ingin mencari e meterai dan tanda tangan digital untuk perusahaan Anda jangan sampai salah pilih. Anda harus pastikan layanan yang untuk membeli e meterai perusahaan Anda aman. Jika ingin pembelian aman maka solusi paling tepat adalah di Dimensy.

Digital Document Security atau Dimensy merupakan platform yang mendistribusikan produk keamanan digital. Dimensy juga aman dan terpercaya karena telah berkolaborasi dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Melalui Dimensy, Anda tidak hanya akan mendapatkan e meterai tapi juga produk keamanan digital mulai dari stampel digital, tanda tangan digital, otentikasi sertifikat digital hingga KEYLA. Produk keamanan digital ini dapat Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ayo beli produk keamanan digital perusahaan Anda di Dimensy sekarang juga!

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.