Artikel Terkait

Ingin Mendaftar P3K 2023? Ini Cara Pembubuhan e-Meterai nya! Selasa, 16 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Jangan sampai tertukar! Ini Contoh e Meterai yang Asli untuk Daftar CPNS 2023! Kamis, 11 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Ini Cara Bayar e-Meterai Agar Dapat Digunakan Dalam Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 09 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Daftar e Materai di Dimensy: Bisa digunakan untuk CPNS 2023 Kamis, 04 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Menggunakan E Materai Untuk Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 12 Desember 2023 Tags : E-Meterai
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
E Meterai: Keamanan, Fungsi, dan Manfaat

Berdasarkan UU No 11. Tahun 2008 (UU ITE), e meterai adalah meterai yang digunakan untuk dokumen elektronik. Selain itu, e meterai menjadi bukti hukum yang sah sehingga kedudukannya sama dengan dokumen kertas.

e meterai juga merupakan produk dari transformasi digital yang terus berkembang pesat selama masa pandemi covid-19. Sistem pekerjaan secara daring terus berkembang di masa covid-19. Oleh karena itu, perusahaan perlu adaptif dalam situasi ini.

Adanya perkembangan teknologi menyebabkan penggunaan dokumen kertas mulai tergantikan dengan dokumen elektronik. Hal ini tentunya bermanfaat untuk menghindari resiko dokumen kertas yang mudah rusak sekaligus meningkatkan keamanan dokumen.

Dalam artikel ini akan kita bahas secara lengkap mengenai e meterai, mulai dari pengertian e meterai, keamanannya, manfaat, hingga fungsi e meterai.

Apa itu e meterai?

e meterai adalah meterai yang dapat digunakan pada dokumen elektronik. Bedanya dengan materai biasa yaitu materai biasa digunakan pada dokumen kertas sedangkan e meterai digunakan pada dokumen elektronik.

Dengan demikian, dokumen yang sudah diberikan e meterai dianggap sebagai alat bukti hukum yang sah. Hal ini tertuang pada UU No. 11 tahun 2008 pada Pasal 5 ayat (1). Jadi dokumen elektronik yang sudah diberi e meterai memiliki kekuatan hukum sama seperti dokumen kertas bermeterai.

  Sumber: viva.co.id

e meterai juga sudah berlaku di Indonesia sejak diluncurkan pada bulan oktober tahun lalu, yang diawali dengan peluncuran meterai elektronik nominal Rp10.000. e meterai ini diluncurkan oleh pemerintah melalui Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) untuk membantu kebutuhan transaksi elektronik.

Bagaimana Keamanan e meterai?

e meterai tentunya terjamin aman karena memiliki teknologi signature X.509 SHA 512. Teknologi ini memiliki tiga fitur keamanan tambahan untuk menjamin keamanannya.

Sumber: aktualindonesia.com

  1. OVERT
    e meterai memiliki 70% desain yang terdiri dari barcode yang unik untuk setiap meterai nya
  2. COVERT
    Sistem Peruri seal tidak bisa dibaca dengan sembarang scanner,hanya dapat dibaca melalui aplikasi khusus dari peruri, sedangkan signature panel hanya dapat dilihat pdf adobe acrobat reader.
  3. Pembuktian Forensik
    Peruri juga dapat melakukan pembuktian secara forensik dari e meterai.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk membantu menjaga keamanan dari e meterai. Oleh karena itu, keamanan e meterai dapat terjamin.

Apa Fungsi e meterai?

Mengutip dari Pajakku.com, e meterai punya fungsi yang sama seperti meterai konvensional yaitu mengenai kesahan dokumen. Oleh karena itu, tanpa meterai dokumen tidak bisa digunakan sebagai bukti di pengadilan.

Maka pastikan dokumen perusahaan Anda penting untuk diberikan e meterai. Lalu apa saja dokumen yang perlu Anda berikan e meterai?

Berikut jenis-jenis dokumen yang dapat diberikan e meterai:

  1. Surat Perjanjian, Surat Keterangan dan Surat Pernyataan
  2. Akta Notaris
  3. Surat Berharga
  4. Dokumen Transaksi Berharga
  5. Dokumen lelang
  6. Dokumen yang menyatakan jumlah uang
  7. Dokumen yang ditetapkan oleh pemerintah
     

3 Alasan menggunakan e meterai untuk Perusahaan anda

Keamanan dokumen perusahaan merupakan hal yang perlu menjadi prioritas. Adanya transformasi digital juga menyebabkan peralihan dari dokumen fisik menjadi dokumen digital. Untuk itu, e meterai menjadi sebuah pilihan yang tepat.

Berikut 3 alasan kenapa perusahaan Anda wajib menggunakan e meterai

  1. Mempermudah penggunaan Meterai
    Jika sebelumnya perlu ke toko alat tulis untuk membeli meterai, sekarang dapat membeli meterai secara online. Selain itu, pemberian tanda tangan dokumen dengan klien jadi lebih mudah. Tidak perlu diprint dan dikirim melalui kantor pos, karena dapat dikirim secara online
  2. Meminimalkan Dokumen Fisik
    Dokumen elektronik memiliki keunggulan dibandingkan dokumen fisik. Dokumen fisik mudah rusak dan sulit untuk diorganisir. Dengan adanya e meterai keabsahan dokumen elektronik akan sama dengan dokumen fisik
  3. Mencegah Pemalsuan
    Pemalsuan dokumen menjadi suatu kejahatan yang sering terjadi. Dengan adanya e meterai maka dokumen elektronik akan lebih aman. Hal ini menjadi keuntungan untuk menjaga keamanan dokumen Anda.

Oleh karena itu, menggunakan e meterai penting untuk kelangsungan perusahaan Anda. Lalu dimana jika Anda ingin membeli e meterai. Pastikan bahwa layanan penjualan e meterai aman dan terpercaya. Ayo simak ulasan di bawah ini!

Cara Cek Keaslian e meterai

e meterai sulit untuk dipalsukan namun tidak menutup kemungkinan ada oknum yang memalsukan dari e meterai. Anda dapat mengecek beberapa komponen dari e meterai untuk memvalidasi e meterai.

Berikut 4 komponen pada e meterai

  1. Punya kode unik berpa nomor seri
  2. Terdapat gambar Garuda Pancasila
  3. Terdapat tulisan “Meterai Elektronik”
  4. Angka dan tulisan tarif bea e materai “10000” dan “Sepuluh Ribu Rupiah:

Selain melihat komponen di atas, Anda dapat mengecek keaslian e meterai pada website Peruri. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, dapat membaca cara mengecek keaslian e meterai disini!

Tentunya, jika Anda tidak ingin membeli e meterai palsu maka pastikan layanan pembelian e meterai yang Anda aman dan terpercaya seperti di Dimensy.

Beli e meterai Perusahaan Anda dengan Aman dan Terpercaya di Dimensy aja

Jika Anda ingin mencari e meterai untuk perusahaan Anda jangan sampai salah pilih. Anda harus pastikan layanan yang untuk membeli e meterai perusahaan Anda aman. Jika ingin pembelian aman maka solusi paling tepat adalah di Dimensy.

Digital Document Security atau Dimensy merupakan platform yang mendistribusikan produk keamanan digital. Dimensy juga aman dan terpercaya karena telah berkolaborasi dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Melalui Dimensy, Anda tidak hanya akan mendapatkan e meterai tapi juga produk keamanan digital mulai dari stampel digital, tanda tangan digital, otentikasi sertifikat digital hingga KEYLA. Produk keamanan digital ini dapat Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ayo beli produk keamanan digital perusahaan Anda di Dimensy sekarang juga!

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.