Artikel Terkait

Contoh Surat Permohonan yang Efektif untuk Berbagai Keperluan Senin, 17 April 2023 Tags : Sales Contract
Contoh Surat Pernyataan Perjanjian dalam Bisnis: Memahami Isi dan Formatnya Rabu, 12 April 2023 Tags : Sales Contract
Buat Surat Perjanjian Kontrak Kerjasama secara Online, Amankah? Jumat, 25 November 2022 Tags : Sales Contract
Mencegah Pemalsuan Tanda Tangan Digital Melalui Sertifikat Digital Senin, 01 Agustus 2022 Tags : Sales Contract
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Sales Contract: Definisi, Manfaat, Isi dan Contohnya

Sales contract adalah dokumen yang wajib dibuat jika Anda melakukan transaksi perdagangan internasional. Kontrak ini bertujuan untuk menjamin hak dan kewajiban dari eksportir dan importir. Dengan begitu, dalam proses perdagangan internasional tidak terjadi perselisihan di kemudian hari.

Walaupun sales contract penting, namun banyak orang masih belum mengenalnya. Padahal sales contract juga menjadi syarat dikeluarkan letter of credit dari bank penjamin. Untuk itu, jika Anda ingin melakukan perdagangan internasional hendaknya mengenal sales contract.

Tapi tenang saja, karena dalam artikel ini kami akan di bahas tuntas mengenai sales contract. Mulai dari definisinya, mengapa harus dibuat, apa saja isinya, hingga contoh dari sales contract. Mari kita simak!

 

Apa itu Sales Contract?

Sales contract adalah dokumen yang berisi kesepakatan antara penjual dan pembeli mengenai hak dan kewajiban dalam eksport dan import. Biasanya sales contract merupakan follow up dari purchase order yang diminta oleh importir. Di dalam dokumen ini memuat tentang mengenai syarat-syarat dari pembayaran barang yang akan dijual. Selanjutnya, kontrak ini dapat menjadi dasar bagi pembeli untuk pembukaan Letter of credit pada Bank.

Jangan bingung jika Anda menemui istilah berbeda untuk pengucapan sales contract. Hal ini dikarenakan, sales contract juga punya banyak istilah seperti contract of sale, agreement to sale, atau sale confirmation. Namun, walaupun banyak istilah tapi maknanya tetap sama dengan sales contract. Lalu apa pentingnya pembuatan sales contract?

 

Mengapa Harus Ada Sales Contract?

Sales Contract harus Anda buat terutama jika melakukan transaksi perdagangan luar negeri. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus membuat sales contract dalam perdagangan Internasional.

1. Mengatur Kesepakatan dalam Ekspor dan Impor

Sales contract bertujuan agar hak dan kewajiban eksportir dan importir dapat disepakati terlebih dahulu sehingga tidak ada perselisihan. Bayangkan jika Anda ingin melakukan ekspor dan impor tapi tidak membuat sales contract, lalu di kemudian hari terjadi perselisihan. Pastinya penyelesaiannya akan sulit karena tidak ada kesepakatan hitam di atas putih sebelumnya. 

Perselisihan juga akan sering terjadi karena tidak punya batasan dalam sebuah kesepakatan. Jadi sales contract ini akan menjadi pegangan hak dan kewajiban bagi setiap pihak yang bertransaksi.

Contoh kesepakatan yang diatur dalam sales contract seperti jumlah barang, jenis barang, harga barang dan lainnya. Jadi adanya sales contract adalah untuk mencegah jika terjadi kesalahan, misalnya jenis barang atau harga barang yang tidak sesuai.

2. Dasar Penerbitan Letter of Credit

Sales contract ini juga menjadi dasar dan pegangan bank dalam menerbitkan letter of credit. Apa itu letter of credit? Menurut Buku Pintar Pengurusan Perizinan dan Dokumen, letter of credit merupakan dokumen mengenai ekspor dan impor yang menjelaskan perjanjian tertulis dari bank yang diberikan kepada eksportir untuk mengikuti instruksi dari importir agar pembayaran dilakukan setelah proses eksport.

Jadi letter of credit ini akan memperlancar proses pembayaran dalam perdagangan global. Bank akan menjamin pihak eksportir untuk menerima pembayaran sesuai dengan sales contract. Maka dari itu, sales contract ini sangat penting untuk dibuat.

 

Apa Saja Isi dari Sales Contract?

Dalam membuat sales contract, Anda harus memastikan bahwa isinya telah lengkap. Jangan sampai ada isi yang tidak Anda masukan dalam dokumen ini. Berikut beberapa isi sales contract yang wajib ada!

  1. Jenis dan nomor kontrak
  2. Nama dan alamat dari importir & eksportir
  3. Jenis dan mutu barang yang diperjualbelikan
  4. Cara penyerahan dan pengiriman barang
  5. Waktu pengiriman barang
  6. Harga satuan dan harga total dari barang
  7. Kualitas barang
  8. Toleransi atas kualitas dan harga barang
  9. Cara kemasan
  10. Asuransi
  11. Klaim dan cara penyelesaiannya
  12. Dokumen yang dipersyaratkan
  13. Cara pembayaran barang
  14. Jangka waktu pembayaran

Selain dari beberapa hal diatas, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting dalam pembuatan sales contract. Jangan sampai ada bagian yang terlewatkan atau salah dalam pembuatan sales contract.

 

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Sales Contract?

Berikut ini beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam membuat sales contract. Pastikan beberapa hal ini sudah ada dalam sales contract yang telah Anda buat!

1. Pastikan Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup ini menjelaskan jenis barang yang akan dijual lengkap dengan kewajiban dari eksportir. Kewajiban ini dapat berupa proses instalasi barang, pelatihan maupun jenis layanan lainnya. Anda juga dapat melampirkan dokumen pendukung lainnya seperti izin pemerintah dan izin pelaksanaan kontrak.

2. Menentukan Price Delivery Term

Sales contract harus berisi tentang total harga dan toleransi kenaikan harga jika ada kasus khusus. Dalam kontrak juga harus menentukan mata uang, fluktuasi valuta mata asing serta tanggal dan cara pengiriman barang.

3. Mencantumkan Jaminan dan Obligasi

Jaminan dan obligasi sangat penting dibuat dalam sales contract. Tujuannya untuk menjamin bahwa pihak importir mampu membayar dan pihak eksportir mampu memenuhi kewajibannya.

4. Memastikan Pajak

Perdagangan internasional telah memiliki pajak dan bea yang berlaku di negara importir dan eksportir. Oleh karena itu, harus dicantumkan dan dipertimbangkan untuk mengevaluasi dampak dari pajak terhadap harga ekspor dan impor.

 

Contoh Sales Contract

Berikut ini contoh dari sales contract yang dapat Anda ikuti dan pelajari untuk membuat kontrak Anda sendiri.

Sumber: Scribd.id

 

Permudah Kontrak Anda dengan Tanda Tangan Tersertifikasi dari Dimensy

Dokumen kertas memang banyak digunakan untuk segala keperluan termasuk dalam pembuatan Kontrak. Namun, penggunaan dokumen fisik punya banyak kekurangan seperti mudah rusak, prosesnya lama dan tidak ramah lingkungan. Tapi tenang saja, di era digitalisasi ini telah muncul solusinya yaitu penggunaan dokumen digital. Namun apakah dokumen digital aman dan bisa dianggap sah di mata hukum?

Munculnya produk keamanan digital seperti tanda tangan digital tersertifikasi dapat menjamin keabsahan dokumen digital. Tanda tangan digital juga dapat dilacak siapa yang membubuhkannya dan Anda dapat mengetahui perubahan dokumen jika telah ditanda tangan. Tentunya proses kontrak Anda akan menjadi lebih cepat dengan tanda tangan digital. Lalu dimana membeli tanda tangan digital tersertifikasi?

Jika ingin membeli produk keamanan digital pilihlah ditempat terpercaya yaitu di Dimensy. Digital Document Security atau Dimensy merupakan platform yang mendistribusikan produk keamanan digital. Dimensy menyediakan tanda tangan digital, e-Meterai, stempel digital, otentikasi sertifikat digital hingga KEYLA. Selain itu, produk keamanan digital ini dapat Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ayo gunakan produk Dimensy sekarang juga!



ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.