Artikel Terkait

Verifikasi Biometrik: Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan & Kelemahannya Jumat, 24 Maret 2023 Tags : Cyber Security
Apa itu e KYC? Manfaat, Cara Kerja, Hingga Regulasinya Jumat, 17 Maret 2023 Tags : Cyber Security
Apa yang dimaksud OTP? Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contohnya Senin, 13 Maret 2023 Tags : Cyber Security
Kenali e KYC Onboarding dan Perbedaannya dengan KYC biasa Jumat, 10 Maret 2023 Tags : Cyber Security
Kupas Tuntas Arti Phising dan Cara Efektif untuk Mencegahnya Senin, 14 November 2022 Tags : Cyber Security
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
3 Cara Bagaimana Kriptografi Bekerja Melindungi Data!

Bagaimana kriptografi bekerja melindungi data Anda? Kriptografi merupakan teknologi pengkodean keamanan data yang telah dikenal sejak lama. Menurut catatan sejarah kriptografi telah dibuat sejak tahun 400 sebelum Masehi. Alat ini digunakan untuk membuat pesan tersembunyi di Yunani yang disebut Scytale.

Lalu seiring perkembangan zaman, kriptografi juga digunakan pada teknologi sehari-hari yang kita gunakan. Contohnya seperti pada tanda tangan digital, whatsapp dan website. Namun, apakah teknologi kriptografi ini aman untuk menjaga data kita?

Mari kita simak selengkapnya bagaimana kriptografi bekerja melindungi data!

Pengertian Kriptografi

Kriptografi merupakan teknologi pengkodean untuk mengamankan jaringan komputer, sistem online dan data digital. Tujuan dari dibuatnya kriptografi yaitu untuk menjaga keamanan data terutama keamanan pengguna internet. Penggunaan kriptografi dapat mengamankan pengguna dari diambilnya informasi pribadi, peretasan dan spamming.

Kriptografi ini penting untuk menjaga keamanan sebuah data di Internet. Apalagi perusahaan saat ini telah banyak bertransformasi digital. Hal ini dapat berisiko banyak data-data penting perusahaan yang dicuri. Untuk itu agar data-data penting dapat dijaga kerahasiaannya maka digunakanlah kriptografi.

Kriptografi telah lama digunakan dan dikenal dalam sejarah, dimana teknologi ini berguna dalam operasi militer dan pemerintahan. Selanjutnya, seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan kriptografi makin luas aplikasi dan jenis-jenisnya. Dengan satu tujuan yaitu menjaga keamanan dan kerahasiaan dari data.

Apa Fungsi Kriptografi?

Sebelumnya kita telah mengenal pengertian dari kriptografi dan sedikit penjelasan mengenai fungsinya. Mari kita simak fungsi kriptografi secara luasnya lebih lanjut!

  • Menyembunyikan Data

Setiap perusahaan tentunya memiliki data penting yang tidak boleh sembarangan diakses oleh pihak luar. Salah satu fungsi dari kriptografi ini yaitu menjadikan pesan ditulis menjadi bentuk yang tidak dimengerti maknanya melalui sistem enkripsi dan dekripsi. Metode ini digunakan untuk mencegah penipuan dan penyadapan data perusahaan.

  • Keamanan Data

Penggunaan kriptografi yang kuat dapat memiliki jangkauan kunci yang luas sehingga sulit dan mustahil untuk dipecahkan dengan mencoba segala kemungkinan. Dengan demikian, data perusahaan Anda dapat lebih aman dari penyadapan.

  • Melakukan Enkripsi dan Dekripsi

Kriptografi menyembunyikan data dan informasi penting menggunakan metode yang disebut sebagai enkripsi dan dekripsi. Dengan menggunakan metode ini maka data akan aman karena sulit untuk dibobol.

3 Jenis Kriptografi

Saat ini telah banyak jenis kriptografi yang dikembangkan seiring dengan mulainya transformasi digital. Namun, ada beberapa jenis kriptografi yang sering digunakan seperti jenisnya di bawah ini!

  • Simetris

Simetris merupakan jenis kriptografi dimana pengirim dan penerima hanya menggunakan satu kunci untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Jenis kriptografi ini menggunakan algoritma yang disebut dengan Advanced Encryption System (AES).

  • Asimetris

Asimetris merupakan kriptografi yang memanfaatkan 2 jenis kunci dimana algoritma kuncinya menggunakan kunci publik dan kunci rahasia. Kunci publik berfungsi untuk mengenkripsi pesan yang bersifat global dan tidak rahasia. Sedangkan kunci rahasia merupakan kunci yang bisa dilihat oleh orang tertentu.

  • Fungsi Hash

Jenis kriptografi ini memanfaatkan persamaan matematika yang mengambil nilai numerik sebagai input. Selanjutnya, nilai ini diringkas oleh hash system. Jadi kriptografi ini tidak membutuhkan kunci seperti algoritma jenis lainnya dan dapat digunakan satu arah

Bagaimana Kriptografi Bekerja Melindungi Data?

Cara kerja dari kriptografi menggunakan tiga fungsi algoritma yaitu enkripsi, dekripsi dan kunci. Enkripsi merupakan proses penyembunyian data dengan mengubah plaintext menjadi chipertext. Chipertext ini sulit dibaca oleh para penyadap sehingga lebih aman.

Selanjutnya dari proses enkripsi ketika data sampai ke pengguna dilakukan proses dekripsi yaitu mengubah kembali dari chipertext menjadi plaintext yang bisa dipahami oleh pengguna. Sedangkan kunci merupakan parameter yang digunakan dalam proses enkripsi maupun dekripsi. Jadi tentunya data Anda dapat lebih aman melalui proses kriptografi ini.

Teknologi yang Menggunakan Kriptografi

Teknologi yang menggunakan kriptografi tentunya keamanannya dapat terjamin. Berikut ini beberapa teknologi yang menggunakan kriptografi.

  • Tanda Tangan Digital  

Tanda tangan digital yang tersertifikasi memiliki sistem keamanan kriptografi. Jadi dokumen yang berisi tanda tangan elektronik hanya dapat dibaca oleh pihak yang terkait. Dengan demikian dokumen elektronik Anda dapat lebih aman dari penyadapan, manipulasi, kebocoran data dan tindakan lain yang merugikan Anda. 

Jadi amankan setiap dokumen penting perusahaan Anda dengan tanda tangan digital. Pastikan juga membeli produk keamanan digital di tempat yang tepat seperti di Dimensy.

  • WhatsApp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang menerapkan fitur enkripsi end to end. Enkripsi ini mampu mencegah pihak ketiga termasuk pihak Whatsapp untuk membaca pesan atau panggilan pribadi. Dengan demikian, data pesan pribadi Anda dapat lebih aman. 

  • Website HTTPS

Jika Anda membuka website tentunya pernah melihat tulisan HTTPS. Artinya website tersebut menerapkan sistem SSL (Secure Socket Layer). Sistem SSL mampu mengenkripsi pertukaran data antar website sehingga tidak mudah disusupi oleh virus.

Dijamin Aman! Tanda Tangan Digital Dimensy Sudah Gunakan Sistem Kriptografi

Kriptografi merupakan teknologi yang dapat menjaga keamanan data perusahaan Anda. Salah satu penerapan dari kriptografi yaitu pada tanda tangan digital. Jadi dengan menggunakan tanda tangan digital, dokumen penting perusahaan Anda jadi lebih aman dari pemalsuan data. Namun, jangan salah pilih tempat membeli tanda tangan digital, pastikan membeli produk keamanan digital di tempat terpercaya seperti di Dimensy 

Digital Document Security atau Dimensy merupakan platform yang mendistribusikan produk keamanan digital. Dimensy menyediakan layanan tanda tangan digital yang aman dan mudah untuk digunakan.

Melalui Dimensy, Anda tidak hanya akan mendapatkan tanda tangan digital tapi juga produk keamanan digital mulai dari stampel digital, e meterai, otentikasi sertifikat digital hingga KEYLA. Selain itu, produk keamanan digital ini dapat Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ayo beli produk keamanan digital perusahaan Anda di Dimensy sekarang juga!

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.