Artikel Terkait

Ingin Mendaftar P3K 2023? Ini Cara Pembubuhan e-Meterai nya! Selasa, 16 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Jangan sampai tertukar! Ini Contoh e Meterai yang Asli untuk Daftar CPNS 2023! Kamis, 11 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Ini Cara Bayar e-Meterai Agar Dapat Digunakan Dalam Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 09 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Daftar e Materai di Dimensy: Bisa digunakan untuk CPNS 2023 Kamis, 04 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Menggunakan E Materai Untuk Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 12 Desember 2023 Tags : E-Meterai
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik Sebelum Digunakan untuk Pendaftaran PPPK Non Guru 2022

Cek keaslian meterai elektronik Anda sebelum digunakan untuk pendaftaran PPPK Non guru. Bisa saja e meterai yang Anda gunakan palsu!  Apalagi, banyak penjual yang menjual e meterai palsu. Para penjual ilegal ini punya banyak modus untuk menjual e meterai palsu. Biasanya mereka menjual meterai di beberapa marketplace, kemudian pembeli diwajibkan mengirimkan dokumen untuk dibubuhi oleh penjual.

Lalu apa kerugian menggunakan e meterai palsu? e meterai palsu hanya seperti kertas biasa, sehingga tidak memiliki kekuatan di mata hukum. Apalagi peruri sudah memiliki teknologi untuk memvalidasi e meterai. Jadi e meterai palsu tidak akan dapat lolos dari validasi PERURI. Maka, Anda yang ingin mendaftar PPPK perlu mengecek keaslian e meterai. Jika Anda baru mengenal e meterai Anda dapat pelajari lebih lanjut tentang e meterai.

e meterai saat ini juga diwajibkan untuk syarat pendaftaraan PPPK Non Guru 2022. Jangan sampai salah dan menggunakan e meterai yang palsu. Ini cara mengecek keaslian meterai elektronik!

 

4 Ciri Ciri Meterai Elektronik Asli

Cara mengecek e meterai palsu yang pertama yaitu dengan melihat ciri-ciri fisik dari e meterai. Berikut ini ciri-ciri meterai elektronik yang asli!

Sumber:Ekonomi.bisnis.com

 

  • Kode Unik

Perhatikan kode unik pada e meterai, karena setiap e meterai dari Peruri memiliki kode unik sebagai nomor seri. Jika nomor seri Anda sama dengan meterai lain atau tidak memiliki kode unik maka e meterai Anda palsu.

  • Garuda Pancasila

e meterai resmi dari peruri memiliki lambang Garuda Pancasila sebagai lambang negara Indonesia. Cek juga bentuk, warna dan posisi dari gambarannya.

  • Tulisan METERAI ELEKTRONIK

Pada e meterai elektronik memiliki tulisan “METERAI ELEKTRONIK”. Pastikan tulisannya sama persis dari hurufnya semua kapital dan tulisannya meterai bukan materai menggunakan huruf e.

  • Punya Tarif Bea Meterai

Meterai elektronik asli memiliki tulisan tarif bea meterai. Tarifnya ditulis dengan jelas “10000” dan tulisan “SEPULUH RIBU RUPIAH”

 

5 Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek keaslian meterai elektronik. Namun, dari beberapa cara tersebut, ini merupakan cara yang paling mudah!

  1. Kunjungi Website PERURI untuk melakukan verifikasi pada e meterai menggunakan URL https://verification.peruri.co.id/index
  2. Upload dokumen yang telah dibubuhi dengan e meterai pada kolom yang disediakan
  3. Lakukan verifikasi i’m not robot dengan memasukan Captcha sesuai dengan tampilan yang ada
  4. Selanjutnya upload pdf dan tunggu hingga prosesnya selesai
  5. Nanti sistem akan menunjukan jika e meterainya asli akan ada pesan bahwa statusnya valid dan rincian berupa nomor seri meterai elektronik. Jika meterai palsu maka akan ada error berupa tulisan error verification.

Jika e meterai Anda telah valid maka Anda dapat melanjutkan pendaftaran. Jika Anda masih bingung cara pembubuhan e meterai pada dokumen maka Anda dapat membaca cara beli dan pembubuhan e meterai.

 

Syarat Pendaftaran PPPK Non Guru 2022

Jika Anda sudah mengetahui cara mengecek keaslian meterai elektronik maka Anda dapat melanjutkan proses pendaftaran PPPK Non Guru. Adapun persyaratan lain untuk pendaftarannya yaitu sebagai berikut.

  1. Usia minimal 20 tahun dan paling tinggi satu tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang dilamar
  2. Tidak pernah terjerat hukum atau dipidana dengan penjara 2 tahun atau lebih
  3. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat atas permintaan sendiri sebagai PNS,PPPK, Prajurit tentara nasional, kepolisian negara Indonesia atau berhenti secara tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak menjadi anggota atau partai politik dan terlibat dalam politik praktis.
  5. Punya kualifikasi sesuai pendidikan yang dibutuhkan untuk bidang tersebut sesuai jabatan yang akan dipilih
  6. Punya kompetensi yang dibutuhkan dan dibuktikan melalui sertifikasi keahlian tertentu
  7. Sehat jasmani dan rohani.

 

Beli e meterai Asli di Dimensy Aja!

Jika tidak ingin salah membeli e meterai palsu maka Anda harus membeli tersebut pada tempat yang jelas dan legal. Membeli e meterai pada tempat yang legal maka akan mendapatkan e meterai yang asli.Jika ingin pembelian aman maka solusi paling tepat adalah di Dimensy.

Digital Document Security atau Dimensy merupakan platform yang mendistribusikan produk keamanan digital. Dimensy juga aman dan terpercaya karena telah berkolaborasi dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Melalui Dimensy, Anda tidak hanya akan mendapatkan e meterai tapi juga produk keamanan digital mulai dari stampel digital, tanda tangan digital, otentikasi sertifikat digital hingga KEYLA. Produk keamanan digital ini dapat Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ayo beli produk keamanan digital perusahaan Anda di Dimensy sekarang juga!



ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.