Artikel Terkait

Ingin Mendaftar P3K 2023? Ini Cara Pembubuhan e-Meterai nya! Selasa, 16 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Jangan sampai tertukar! Ini Contoh e Meterai yang Asli untuk Daftar CPNS 2023! Kamis, 11 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Ini Cara Bayar e-Meterai Agar Dapat Digunakan Dalam Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 09 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Daftar e Materai di Dimensy: Bisa digunakan untuk CPNS 2023 Kamis, 04 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Menggunakan E Materai Untuk Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 12 Desember 2023 Tags : E-Meterai
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Cara Beli dan Pembubuhan e Meterai untuk Syarat Pendaftaran PPPK 2022

Kapan Pendaftaran PPPK 2022?

Kapan pendaftaran P3K 2020 dibuka? Jadwal pendaftaran P3K tahun 2022 akan dibahas dalam artikel ini. Seleksi pendaftaran PPPK 2022 dimulai dengan seleksi PPPK guru, baru akan diikuti oleh PPPK Teknis dan PPPK Kesehatan. Adapun jadwal pendaftarannya yaitu sebagai berikut.

  • PPPK Guru

Menurut Menpan.go.id, seleksi pegawai pemerintah dan perjanjian kerja (PPPK) tenaga guru dilakukan mulai tanggal 31 Oktober hingga 13 November 2022. Dimana proses akan dimulai dengan seleksi administrasi. Selanjutnya, pengunguman hasil seleksi akan diberitahukan pada 16 dan 17 November 2022.

Pendaftaran ini dibuka untuk pelamar prioritas 1,2,3 dan umum. Adapun rincian untuk pelamar prioritas yaitu sebagai berikut.

  • Prioritas 1

Prioritas 1 adalah tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta. Mereka adalah pelamar yang pada masing-masing kategori tersebut telah memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.

  • Prioritas 2

Pelamar prioritas 2 adalah eks Tenaga Honorer Kategori II atau THK-II dalam database BKN. Pelamar Prioritas III adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dengan masa kerja minimal tiga tahun.

  • Prioritas 3

Prioritas 3 adalah lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang terdaftar di basis data Kemendikbud Ristek serta mereka yang terdaftar pada Data Pokok Pendidikan masuk dalam kategori pelamar umum.

  • PPPK Kesehatan

Mengutip dari cnbcindonesia.com, PPPK kesehatan adalah salah satu bidang PPPK yang dibuka di tahun 2022. Dimana pendaftaran seleksi PPPK Kesehatan dibuka dari tanggal 3-18 November 2022.

  • PPPK Teknis

Mengutip dari Kompas.com, Kepala BKN mengatakan bahwa PPPK tenaga teknis akan dibuka secepatnya setelah dibukanya PPPK guru. Adapun estimasi dari Liputan6.com, bahwa pendaftaran PPPK pada 7 November 2022. Namun, akan menunggu info resmi dibukanya PPPK.

 

Pendaftaran PPPK 2022 Perlu e Meterai

Saat ini pendaftaran PPPK 2022 tidak lagi menggunakan meterai kertas. Jika Anda ingin mendaftar PPPK siapkan e meterai Anda. Lalu mengapa pendaftaran PPPK 2022 saat ini memerlukan e meterai?

Sumber: Ekonomi.bisnis.com

Berikut 5 alasan harus digunakannya e meterai untuk pendaftaran PPPK 2020

  • Mencegah Pemalsuan

Masyarakat awam akan mengalami kesulitan untuk membedakan antara meterai asli dan palsu. Hal ini banyak terjadi pada meterai kertas. Oleh karena itu, untuk mencegah pemalsuan maka digunakanlah e meterai. E meterai mudah untuk diverifikasi dan dicek keasliannya menggunakan scan barcode dengan aplikasi peruri. Pahami lebih lanjut cara cek keaslian e meterai.

  • Lebih Praktis

E meterai lebih praktis dibandingkan dengan materai kertas. Pada materai kertas, Anda harus memprint dokumen terlebih dahulu baru  ditempelkan meterai. Sedangkan pada e meterai Anda tidak perlu repot memprint dokumen, karena dokumen online dapat langsung dibubuhi e meterai.

  • Mudah Diperoleh

Pembelian e meterai juga lebih mudah dibandingkan dengan meterai kertas. Anda dapat membeli e meterai melalui link resmi melalui internet. Salah satu layanan resmi pembelian e meterai yaitu di Dimensy.

  • Lebih Aman diSimpan

E meterai lebih aman disimpan dibandingkan dengan meterai tempel. Meterai tempel akan mudah tercecer, rusak dan tersobek. Sedangkan pada e meterai dapat tersimpan secara digital sehingga lebih aman. Anda bahkan dapat mengunduh berkas e meterai dalam portal selama 1x24 jam.

  • Pembubuhan Lebih Mudah

Ada banyak orang yang salah saat membubuhkan materai kertas sehingga penggunaanya sebagai bukti hukum menjadi kurang kuat. Berbeda dengan e meterai pembubuhannya dapat dilakukan dengan mudah dan risiko salah juga akan berkurang.

 

Cara Beli e Meterai untuk Pendaftaran PPPK

Jangan sampai salah tempat untuk membeli e meterai Anda. Pilihlah tempat terpercaya untuk membeli e meterai. Salah satu perusahaan legal yang menyediakan e meterai adalah Dimensy. Anda dapat membeli e meterai dengan cepat dan mudah. Selain itu, tidak hanya e meterai Anda juga sekaligus dapat membeli tanda tangan digital tersertifikasi. Langsung saja beli e meterai di Dimensy sekarang juga!

4 Cara Pembubuhan e Meterai

Berikut beberapa cara pembubuhan e meterai di Dimensy

  1. Pertama-tama Anda harus masuk dan mendaftar di laman Dimensy. Cara pendaftaran dan pembelian e meterai dapat Anda lihat disini!
  2. Setelah itu, Anda login kemudian memilih menu e meterai. Selanjutnya, Anda perlu mengupload dokumen dari list dokumen yang akan dibubuhi dengan e meterai
  3. Pengguna selanjutnya dibawa ke laman preview dokumen. Anda dapat melihat dokumen yang akan dibubuhi dengan e meterai. Lokasi pembubuhan e meterai dapat Anda pilih dengan menekan place e meterai.
  4. Selanjutnya pilih Done jika Anda sudah meletakan e meterai dengan tepat

Langkah pembubuhan e meterai ini kami sajikan secara singkat seperti pada gambar di bawah ini!

Selain itu, Anda juga harus mengetahui bahwa cara membubuhkan e meterai tidak sama dengan meterai tempel. Jika pada dokumen fisik tanda tangan dan cap basah harus menyentuh bagian atas meterai tempel, maka pada meterai elektronik disarankan tidak dilakukan penandatanganan secara tumpang tindih, sebab e-meterai berbentuk QR Code ,sehingga jika ditumpuk akan berisiko pada pembacaan QR Code sebagai media validasi tidak berjalan optimal.

Meskipun belum ada aturan resmi yang mengatur tentang tata cara pembubuhan meterai elektronik dan tanda tangan digital, untuk mencegah terjadinya sertifikat digital yang tidak sah disebabkan oleh human error, maka sebaiknya meterai elektronik dibubuhkan terlebih dahulu sebelum tanda tangan digital, dan penempatannya bersebelahan. Apabila terjadi tumpang tindih, dikhawatirkan sertifikat digital pada tanda tangan digital bisa menjadi tidak sah atau bahkan tidak terbaca.

 

Beli e meterai Perusahaan Anda dengan Aman dan Terpercaya di Dimensy aja!

Jika Anda ingin mencari e meterai untuk perusahaan Anda jangan sampai salah pilih. Anda harus pastikan layanan yang untuk membeli e meterai perusahaan Anda aman. Jika ingin pembelian aman maka solusi paling tepat adalah di Dimensy.

Digital Document Security atau Dimensy merupakan platform yang mendistribusikan produk keamanan digital. Dimensy juga aman dan terpercaya karena telah berkolaborasi dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Melalui Dimensy, Anda tidak hanya akan mendapatkan e meterai tapi juga produk keamanan digital mulai dari stampel digital, tanda tangan digital, otentikasi sertifikat digital hingga KEYLA. Produk keamanan digital ini dapat Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ayo beli produk keamanan digital perusahaan Anda di Dimensy sekarang juga!

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.