Artikel Terkait

test Rabu, 30 Agustus 2023 Tags : Dokumen Digital
Mengapa Literasi Digital Adalah Keterampilan Wajib di Era Digital Jumat, 30 Juni 2023 Tags : Dokumen Digital
Apa itu LOI (Letter of intent)? Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya Rabu, 28 Juni 2023 Tags : Dokumen Digital
Surat Elektronik: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya Jumat, 23 Juni 2023 Tags : Dokumen Digital
Service Level Agreement atau SLA adalah: Pengertian dan Pentingnya dalam Layanan Bisnis Jumat, 16 Juni 2023 Tags : Dokumen Digital
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Yuuu Kenali Apa itu Dokumen Digital dan Manfaat Menggunakannya Bagi Bisnis Anda

Apa pengertian dokumen digital? Saat ini penggunaan dokumen digital menjadi sebuah keharusan bagi setiap perusahaan. Apalagi persaingan bisnis yang ketat sehingga perusahaan harus lebih efisien dalam menjalankan operasionalnya.

Salah satu cara transformasi digital perusahaan agar lebih efisien adalah dengan menggunakan dokumen digital. Bahkan sebenarnya dokumen digital telah digunakan sejak lama. Menurut survey Harris Interactive tahun 2014, 92% karyawan telah menggunakan email untuk berkolaborasi. Artinya penggunaan digital telah sejak lama digunakan.

Lalu apakah itu dokumen digital? Dalam artikel ini akan kita perdalam mengenai dokumen digital mulai dari pengertian hingga alasan mengapa perusahaan Anda harus menggunakan dokumen digital.

Pengertian Dokumen Digital

Dokumen digital merupakan proses pengumpulan, penyimpanan dan pengelolaan informasi dalam bentuk cetakan atau gambar elektronik yang akan digunakan sebagai sebuah bukti atau catatan.

Secara umum, dokumen digital merupakan sekumpulan informasi pada media non elektronik berupa teks dan gambar. Dokumen digital juga disebut sebagai dokumen elektronik.

Dokumen digital mulai banyak diterapkan khususnya ketika masa pandemi Covid-19 dimana terjadi transformasi digital secara pesat. Baik dari lembaga swasta maupun pemerintah kini telah menerapkan dokumen digital.

Contoh aplikasinya pada sistem pemerintahan yaitu pembuatan e KTP. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) bernama Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa sudah ada 194,6 juta penduduk yang memiliki e KTP. Artinya kontribusi masyarakat dalam menggunakan dokumen digital cukup tinggi.

Selain itu, tidak hanya di dalam sistem pemerintah tapi juga swasta telah menerapkan penggunaan dokumen digital. Hal ini dikarenakan, dokumen digital memberikan keunggulan daripada dokumen kertas. 

5 Manfaat Dokumen Digital

Menggunakan dokumen digital memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan Anda. Adapun 5 manfaat dokumen digital menurut Documentsolution.com yaitu sebagai berikut ini!
 

  1. Backup data yang Aman
    Dokumen kertas mudah untuk rusak dan hancur sehingga harus hati-hati dalam menggunakannya. Apalagi berbagai kondisi dapat mengancam dokumen keras Anda seperti banjir, kebakaran dan mati lampu. Apalagi dokumen tersebut merupakan dokumen rahasia yang tidak ada duplikatnya. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan dokumen digital. Hal ini dikarenakan, Anda dapat menyimpan data di server atau penyimpanan data terpusat di Kantor Anda. Jadi dokumen ini akan selalu aman tanpa harus dijaga seperti dokumen kertas.
  2. Keamanan Lebih Baik
    Beberapa dokumen tentunya bersifat rahasia sehingga memerlukan tingkat keamanan khusus. Anda juga harus memastikan siapa yang memegang dan mengambil informasi penting dari dokumen. Jika dokumen rahasia ini dilihat oleh orang tidak bertanggung jawab tentu akan merugikan perusahaan Anda. Hal ini berbeda dengan sistem dokumen digital yang keamanannya dapat terjaga. Anda dapat mengatur izin setiap dokumen dan folder orang yang boleh membuka dokumen tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melacak orang yang dapat membuka dan mengambil dokumen tersebut.
  3. Memudahkan Kolaborasi
    Adanya transformasi digital dengan pekerja remote tentunya menyulitkan jika harus menggunakan dokumen kertas. Jika dengan dokumen digital Anda dapat dengan cepat mengirimkan dokumen ke rekan kerja Anda. Bahkan, Anda dapat bekerjasama dalam waktu yang sama dengan rekan Anda.
  4. Efisiensi Biaya dan Waktu
    Menggunakan dokumen kertas tentunya membutuhkan ruangan yang besar untuk menyimpan semua dokumen. Selain itu untuk menyimpan dan mengarsipkan dokumen perlu waktu yang lama. Hal ini berbeda dengan dokumen digital yang dapat disimpan dalam server tanpa perlu waktu pengarsipan.
  5. Mudah Mencari Dokumen
    Jika menggunakan dokumen kertas tentunya jika Anda membutuhkan dokumen tersebut akan perlu waktu lama untuk mencarinya. Apalagi jumlah dokumen yang tersimpan bisa ratusan atau ribuan. Hal ini berbeda dengan dokumen digital yang dapat dengan mudah ditemukan. Anda hanya tinggal melakukan scan pada arsip Anda untuk menemukan dokumen yang dicari.

Contoh Dokumen Digital

Saat ini sudah banyak dokumen digital yang telah diterapkan di Indonesia. Ada yang digunakan oleh pihak pemerintah maupun swasta. Berikut beberapa contoh dokumen digital.

  1. Kartu keluarga
  2. e KTP
  3. Sertifikat tanah
  4. Kartu identitas anak
  5. Kontrak kerja
  6. Invoice
  7. Dokumen hukum
  8. Memo online
  9. Form digital
  10. Sertifikat digital

5 Alasan Perusahaan Harus Menggunakan Dokumen Digital

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan Anda harus menggunakan dokumen digital yaitu sebagai berikut.

  1. Menghemat Biaya
    Dokumen digital dapat menghemat biaya sebesar 20$ untuk setiap dokumen nya. Hal ini dikarenakan dokumen digital tidak lagi memerlukan kertas dan tinta sehingga lebih hemat. Selain itu, penggunaan dokumen digital juga dapat mengurangi resiko rusaknya printer yang dapat menambah biaya
  2. Kualitas Data
    Dokumen digital dapat memberikan kualitas data yang lebih baik dibandingkan dokumen kertas. Bayangkan Anda menganalisis pendapatan perusahaan namun gambarnya kabur karena tintanya. Hal ini akan memperlambat analisis Anda. Berbeda dengan dokumen digital yang datanya dapat dilihat lebih jelas.
  3. Menghemat Waktu Tanda Tangan
    Menunggu tanda tangan tentunya memperlambat proses penyebaran informasi. Adanya dokumen digital dapat menggunakan tanda tangan digital yang prosesnya sangat cepat. Sehingga waktu tunggu dokumen pun dapat berkurang.
  4. Ramah Lingkungan
    Menggunakan dokumen digital tentunya dapat ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan Anda tidak menggunakan kertas dan tinta. 

Perkuat Keamanan Dokumen Digital Anda dengan Produk Keamanan Digital 

Menggunakan dokumen digital tentunya bagai pisau bermata dua yaitu tidak hanya memberikan keuntungan tapi ada juga kekurangannya. Beberapa kekurangan dari dokumen digital yaitu data yang mudah untuk dipalsukan. Sehingga akan merugikan bagi perusahaan Anda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena banyak produk digital yang dapat menjaga keamanan dan keaslian dari dokumen Anda. Dengan menggunakan produk digital seperti tanda tangan digital dan e meterai. Anda dapat menjaga keamanan dokumen sekaligus melacak segala perubahan yang terjadi di dokumen. Sehingga penggunaan dokumen digital menjadi lebih aman,

Jika ingin membeli produk keamanan digital maka Dimensy adalah pilihan yang tepat. Document Security atau Dimensy merupakan platform yang mendistribusikan produk keamanan digital.

Dimensy menyediakan tanda tangan digital, e meterai, stempel digital, otentikasi sertifikat digital hingga KEYLA. Selain itu, produk keamanan digital ini dapat Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ayo lengkapi dokumen penting Anda dengan keamanan produk digital dari Dimensy sekarang juga!
Kami juga tawarkan Free Trial bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan produk keamanan digital Dimensy.

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.