Artikel Terkait

5 Cara Membuat Stempel Online untuk Bisnis Anda: Dijamin Mudah dan Cepat! Selasa, 14 Februari 2023 Tags : Stempel Digital
Masih Jaman Pakai Cap Basah Perusahaan? Beralih ke Stempel Digital, Begini Caranya! Rabu, 26 Oktober 2022 Tags : Stempel Digital
Legalisir Ijazah Online Apakah Bisa? Kini Tak Perlu Repot lagi Senin, 24 Oktober 2022 Tags : Stempel Digital
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Stempel Perusahaan: Pahami Bentuk, Warna, Contoh & Kegunaannya

Stempel perusahaan adalah cara untuk menjaga agar dokumen penting perusahaan tidak dipalsukan oleh orang tidak bertanggung jawab. Apalagi kasus pemalsuan dokumen ini sedang marak terjadi. Bahkan menurut laporan dari Pusiknas.polri.go.id, rata-rata polisi menindak lanjuti 7 kasus pemalsuan dokumen setiap harinya.

Jumlah pemalsuan dokumen setiap hari terus meningkat. Apalagi adanya transformasi digital menyebabkan dokumen beralih menjadi dokumen digital. Penipu pun makin kreatif untuk menjalankan aksinya. Untuk itu, stempel perusahaan menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko pemalsuan tersebut.

Lalu bagaimana pembuatan stempel perusahaan yang tepat? Ternyata bentuk dan warna stempel punya makna yang berbeda-beda. Yuk kita simak selengkapnya!

 

Apa itu Stempel Perusahaan

Stempel perusahaan merupakan stempel yang berisikan nama dan logo dari suatu perusahaan. Fungsi dari stempel ini yaitu untuk mengesahkan dokumen penting dari sebuah perusahaan agar lebih aman dari penipuan. Adanya stempel ini menunjukan bahwa benar perusahaan tersebut yang mengeluarkan atau menerbitkan surat. Stempel juga menjadi tanda yang menyatakan kesepakatan terkait dokumen yang diterbitkan.

Oleh karena itu, penggunaan stempel adalah keharusan bagi perusahaan agar dokumennya dapat lebih terpercaya. Bayangkan jika ada dokumen penting yang mengatasnamakan perusahaan Anda, padahal dokumen tersebut dibuat oleh pihak tidak bertanggung jawab. Tentunya hal ini akan mengurangi kepercayaan terhadap perusahaan Anda. Namun, melalui stempel perusahaan dokumen penting diberi stamp yang menunjukan bahwa dokumen tersebut telah disetujui oleh board director perusahaan Anda.

 

Apa Fungsi dan Kegunaan Stempel untuk Perusahaan?

Pemalsuan surat adalah sebuah hal yang marak terjadi. Banyak contoh seperti penipu yang mengatasnamakan pihak bank untuk menipu customer bank tersebut dengan membuat surat palsu. Penggunaan stempel akan menunjukan keaslian dan kebenaran dari dokumen tersebut. Yuk simak selengkapnya!

  • Mencegah Penipuan

Penggunaan stempel dapat mengurangi risiko terjadinya pemalsuan dokumen. Dengan adanya stempel maka masyarakat dapat membedakan mana dokumen yang asli dan dokumen yang palsu. Apalagi kasus pemalsuan dokumen menjadi kasus yang sering terjadi di Indonesia. 

Menurut Pusiknas.polri.go.id, rata-rata polisi menindak lanjuti 7 kasus pemalsuan dokumen setiap harinya. Menurut data Bareskrim Polri di tahun 2021 polisi sampai menindak lanjuti 2991 kasus mafia tanah. Sedangkan jumlah perkara yang berhasil dituntaskan mencapai 1907 kasus.

Sumber: Pusiknas.polri.go.id

Jangan sampai perusahaan Anda merugi karena terkena pemalsuan dokumen. Oleh karena itu, kegunaan stempel sangat penting bagi perusahaan. Apabila sebuat surat atau dokumen tidak memiliki stempel maka dokumen tersebut sulit dipercayai dan ada kemungkinan adalah dokumen palsu.

  • Membangun Branding

Stempel tidak hanya digunakan untuk meningkatkan kepercayaan dokumen tapi  juga digunakan untuk membangun branding sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan di dalam  stempel Anda bisa memperkenalkan perusahaan Anda kepada pihak lain. Caranya yaitu dengan menampilkan logo perusahaan Anda pada stempel perusahaan. 

  • Pengganti Tanda Tangan

Stempel juga biasa digunakan sebagai pengganti tanda tangan. Fungsi ini biasa digunakan oleh kepala sekolah maupun rektor. Dimana ketika mereka menandatangani ribuan ijazah biasanya menggunakan stempel. Hal ini dikarenakan, dibutuhkan waktu yang lama sehingga tidak efisien. 

Oleh karena itu dengan membuat stempel dari tanda tangan maka proses tanda tangan dapat lebih cepat. Namun, sekarang dengan teknologi digital yang semakin berkembang tanda tangan jadi semakin mudah. Anda dapat menggunakan produk tanda tangan digital dari Dimensy yang dapat menandatangani lebih dari satu dokumen sekaligus.

  • Bentuk Tanggung Jawab

Stempel tidak bisa digunakan oleh sembarang jenis orang. Hal ini dikarenakan, orang yang memberikan stempel harus bertanggung jawab terhadap isi dari dokumen. 

Apalagi stempel memiliki kekuatan hukum, jadi jika berkaitan dengan pihak luar Anda harus benar-benar mampu mempertanggung jawabkan isi dari keputusan atau kebijakan di dalam dokumen tersebut.

 

Bentuk & Warna Stempel Perusahaan?

Stempel terdiri dari berbagai jenis bentuk, ada lingkaran, oval, bebas dan lain-lain. Tiap jenis bentuk stempel ini punya makna tersendiri. Jadi Anda harus mengetahui makna dibalik tiap jenis stempel agar tidak salah. Simak selengkapnya!

  • Stempel Bentuk Lingkaran Sempurna

Sumber: ISKCON Info

Stempel berbentuk lingkaran merupakan jenis stempel yang paling umum Anda temui. Stempel ini biasanya digunakan oleh instansi sekolah, pemerintahan, perusahaan atau organisasi. Stempel bentuk lingkaran menunjukan keformalan sehingga tepat untuk dokumen yang bersifat resmi.

Stempel berbentuk lingkaran ini terdiri dari dua elemen. Elemen pertama yaitu bentuk lingkaran dari stempel. Selanjutnya ada nama lembaga maupun logo. Selain itu, Anda dapat menambahkan elemen lain yang dapat merepresentasikan perusahaan Anda.

  • Stempel Bentuk Oval

Sumber: Gokasima.com

Stempel juga dapat berbentuk oval. Stempel ini bisa digunakan oleh institusi resmi seperti lembaga pemerintah dan sekolahan. Akan tetapi, tujuannya sedikit berbeda dengan stempel lingkaran sempurna. Hal ini dikarenakan stempel oval dibuat untuk kepentingan khusus seperti untuk acara, subdivisi atau cap perpustakaan.

Namun, penggunaan stempel ini untuk stempel utama sebuah instansi juga tidak melanggar aturan. Anda juga dapat menaruh logo perusahaan di dalam stempel. Selain itu, ukuran stempel oval juga lebih besar dibandingkan dengan stempel lingkaran. Oleh karena itu, informasi dapat lebih banyak yang dapat dimasukan ke dalam stempel. 

  • Stempel Segi Empat

Sumber: Tumpi.id

Stempel segi empat dianggap sebagai stempel yang digunakan untuk keperluan sementara. Contohnya dalam suatu acara organisasi membutuhkan stempel maka stempel ini yang digunakan. Selanjutnya setelah acara organisasi itu selesai umumnya stempel kotak tidak digunakan lagi.

Stempel berbentuk kotak juga biasa digunakan untuk hal yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Jika Anda membeli barang di suatu toko biasanya mereka menggunakan stempel kotak untuk bukti bahwa Anda telah membayar barang tersebut.

 

Warna Stempel yang Sering Digunakan Perusahaan

Stempel perusahaan dapat memiliki beragam jenis warna atau mengikuti logo dan warna dari perusahaan. Umumnya stempel perusahaan banyak menggunakan warna ungu. Hal ini dikarenakan, warna ungu memberikan kesan elegan dan kemewahan. Jadi warna ini menunjukan bahwa perusahaan Anda memproduksi produk berkualitas tinggi.

Contoh Stempel Perusahaan

Jika Anda memerlukan ide untuk stempel perusahaan Anda maka disini kami rangkum beberapa contoh stempel perusahaan. Mari Anda cermati dan berkreasi logo perusahaan Anda dari contoh stempel perusahaan di bawah ini

Sumber: Vijasmart.com



Beralih ke Stempel Digital Semua Jadi Lebih Aman dan Mudah!

Meskipun stempel dapat mencegah pemalsuan tapi stempel biasa juga punya risiko untuk dipalsukan. Terutama dokumen yang digunakan adalah dokumen digital. Penipu pun makin kreatif menjalankan aksi penipuannya. Untuk itu, untuk dokumen digital gunakanlah stempel digital bukan stempel tradisional.

Hal ini dikarenakan, stempel tradisional mudah untuk dipalsukan dan keasliannya sulit untuk dilacak. Hal ini menjadi permasalahan, apalagi pada dokumen digital yang masif penyebarannya. Dan penggunaan stempel digital menjadi sebuah solusi karena memberikan proses identifikasi yang jelas.

Jika Anda ingin memilih layanan penyedia stempel digital, maka pilihlah layanan terpercaya. Hal ini dikarenakan, tidak semua stempel digital memiliki perlindungan. Jadi pilihlah layanan penyedia stempel digital yang aman seperti di Dimensy.

Digital Document Security atau Dimensy merupakan platform yang mendistribusikan produk keamanan digital. Dimensy menyediakan layanan stempel digital yang aman dan mudah untuk digunakan.

Melalui Dimensy, Anda tidak hanya akan mendapatkan stempel digital tapi juga produk keamanan digital lainnya mulai dari tanda tangan digital, e meterai, otentikasi sertifikat digital hingga KEYLA. Selain itu, produk keamanan digital ini dapat Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ayo saatnya bertransformasi digital perusahaan Anda sekarang, dengan menggunakan produk keamanan digital dari Dimensy sekarang juga!

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.