Artikel Terkait

Ingin Mendaftar P3K 2023? Ini Cara Pembubuhan e-Meterai nya! Selasa, 16 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Jangan sampai tertukar! Ini Contoh e Meterai yang Asli untuk Daftar CPNS 2023! Kamis, 11 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Ini Cara Bayar e-Meterai Agar Dapat Digunakan Dalam Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 09 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Daftar e Materai di Dimensy: Bisa digunakan untuk CPNS 2023 Kamis, 04 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Menggunakan E Materai Untuk Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 12 Desember 2023 Tags : E-Meterai
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Posisi Pembubuhan E Meterai yang Benar Untuk Pendaftaran CPNS

Dokumen CPNS yang Perlu E-Meterai

Posisi pembubuhan e meterai yang benar dimana? Dokumen Pendaftaran CPNS mengharuskan  penggunaan E-Materai untuk pendaftaran CPNS di Indonesia. Berkas surat lamaran dan formulir pendaftaran yang diikuti dengan materai biasanya diperlukan saat mengajukan pendaftaran CPNS. Dengan adanya e-materai, proses pendaftaran CPNS menjadi lebih praktis dan efisien. E-materai adalah versi digital materai yang dapat diakses melalui platform resmi. 

Calon peserta dapat dengan mudah mengunduh e-materai tanpa mencari materai fisik. Selain itu, e-materai mengurangi biaya dan waktu dengan tidak perlu membeli materai fisik berulang kali dan pembelian dapat dilakukan online. Keamanan juga terjamin melalui fitur barcode, QR code, dan nomor seri yang unik pada e-materai.

Penggunaan e-materai juga memiliki dampak positif bagi lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas dan tinta cetak. Selain itu, e-materai mendorong digitalisasi administrasi publik dengan mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses pendaftaran CPNS. Penggunaan e-materai pada dokumen pendaftaran CPNS memberikan manfaat signifikan, termasuk kemudahan akses, pengurangan biaya dan waktu, keamanan, dampak positif bagi lingkungan, serta mendorong digitalisasi administrasi publik.

Aturan Pembubuhan E Meterai Pada Pendaftaran CPNS 2023

Rules Stock Photos, Royalty Free Rules Images | Depositphotos

Sumber : Depositphoto

Pada pendaftaran CPNS di Indonesia, terdapat aturan yang mengatur pembubuhan e-materai pada berkas-berkas yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa aturan umum yang perlu diperhatikan:

1. Persyaratan Pembubuhan E-Materai

  • E-materai harus digunakan pada dokumen yang memerlukan materai, seperti formulir aplikasi, surat pernyataan, atau kontrak.
  •  Nilai e-materai yang digunakan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, biasanya tergantung pada nilai transaksi atau jenis dokumen yang diajukan.

2. Mengakses Platform E-Materai yang Resmi

  • Gunakan platform e-materai yang resmi dan diberi wewenang oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) 
  • Pastikan platform yang digunakan sah dan terpercaya agar keabsahan e-materai terjamin seperti Dimensy

3. Mengisi Informasi yang Diperlukan

  • Pada platform e-materai, lengkapi informasi yang diminta, seperti identitas pribadi, nomor dokumen, dan jumlah e-materai yang dibutuhkan.

  • Pastikan informasi yang diisi akurat dan valid agar proses pembelian e-materai berjalan lancar.

4. Pembayaran dan Penerimaan E-Materai

  • Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah e-materai yang dibutuhkan.

  • Ikuti instruksi yang diberikan di platform e-materai resmi untuk melakukan pembayaran yang tepat.
  • Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima e-materai dalam bentuk digital, seperti file PDF atau kode QR.

5. Penempatan E-Materai pada Dokumen

  • Cetak e-materai dalam format PDF dan letakkan pada bagian yang telah ditentukan pada dokumen yang memerlukan meterai, seperti sudut kanan bawah.
  • Jika menerima e-materai dalam bentuk kode QR, sertakan dalam bentuk digital pada halaman dokumen yang sesuai dengan tata letak yang jelas.

4 Hal yang Penting Saat Pembubuhan E-Meterai

Berikut adalah lima hal penting yang perlu diperhatikan saat pembubuhan e-materai di Indonesia:

1. Menggunakan Platform Resmi

Pastikan Anda menggunakan platform e-materai yang resmi dan diberi wewenang oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) seperti dimensy. Menggunakan platform resmi memastikan keabsahan e-materai dan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku.

2. Informasi yang Akurat

Saat mengisi informasi yang diperlukan dalam platform e-materai, pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan valid. Hal ini termasuk identitas pribadi, nomor dokumen, dan jumlah e-materai yang dibutuhkan. Informasi yang tidak akurat atau tidak valid dapat mengakibatkan masalah dalam validasi dokumen yang menggunakan e-materai.

3. Pembayaran yang Tepat

Lakukan pembayaran dengan benar sesuai dengan jumlah e-materai yang dibutuhkan. Ikuti instruksi yang diberikan dalam platform e-materai resmi untuk melakukan pembayaran yang tepat. Pastikan untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai referensi.

4. Validasi Dokumen

Saat menggunakan e-materai pada dokumen yang memerlukannya, pastikan e-materai terlihat dengan jelas dan mudah dibaca. Saat dokumen tersebut diverifikasi atau diajukan, pihak yang berwenang akan memvalidasi e-materai yang Anda sertakan. 

Dengan memperhatikan kelima hal ini, Anda dapat memastikan bahwa proses pembubuhan e-materai dilakukan dengan benar sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia. Selalu merujuk pada sumber resmi dan petunjuk yang diberikan oleh instansi terkait untuk memastikan kepatuhan yang tepat.

2 Posisi Pembubuhan E-Meterai yang Benar 

Dokumen Ketenagakerjaan - Hibra

Sumber : Hibra

Dalam konteks pembubuhan e-materai di Indonesia, posisi yang tepat untuk meletakkan e-materai adalah sebagai berikut:

1. Posisikan e meterai berdampingan dengan tanda tangan

Jika Anda ingin membubuhkan e meterai, pastikan Anda membubuhkan e meterai Anda berdampingan dengan tanda tangan. Hal ini mungkin cukup berbeda dengan pembubuhan meterai tempel yang mana Anda harus membubuhkan tanda tangan di atas meterai.

2. Jangan membubuhkan tanda tangan di atas e meterai

Jika Anda ingin membubuhkan e meterai pada dokumen digital, beri jarak antara e meterai dan tanda tangan Anda. Pastikan tanda tangan tidak menimpa e meterai. Hal ini dikarenakan e meterai menggunakan QR code, sehingga akan sulit terbaca jika e meterai tertimpa tanda tangan digital.

Gunakan E-Meterai Lebih Mudah dan Aman di Dimensy

Jika Anda sedang mencari e-meterai yang aman untuk persiapan pendaftaran CPNS, pastikan Anda memilih dengan hati-hati. Solusi yang paling tepat adalah menggunakan Dimensy. Dimensy adalah platform distribusi produk keamanan digital yang aman dan terpercaya. Kolaborasinya dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) menambah kepercayaan terhadap layanan mereka.

Melalui Dimensy, Anda dapat memperoleh e-meterai dan berbagai produk keamanan digital lainnya, seperti stempel digital, tanda tangan digital, otentikasi sertifikat digital, dan KEYLA. Produk-produk keamanan digital ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Jadi, jangan ragu untuk membeli produk keamanan digital untuk persiapan pendaftaran CPNS, Anda di Dimensy sekarang juga! Pastikan Anda mendapatkan layanan yang aman dan terpercaya untuk kebutuhan keamanan dokumen elektronik persiapan pendaftaran CPNS Anda.

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.