Artikel Terkait

test Rabu, 30 Agustus 2023 Tags : Dokumen Digital
Apa itu LOI (Letter of intent)? Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya Rabu, 28 Juni 2023 Tags : Dokumen Digital
Surat Elektronik: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya Jumat, 23 Juni 2023 Tags : Dokumen Digital
Service Level Agreement atau SLA adalah: Pengertian dan Pentingnya dalam Layanan Bisnis Jumat, 16 Juni 2023 Tags : Dokumen Digital
Apa yang dimaksud dengan dokumen? Simak Informasi Lengkapnya! Senin, 03 April 2023 Tags : Dokumen Digital
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Mengapa Literasi Digital Adalah Keterampilan Wajib di Era Digital

Literasi digital adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan, memahami, dan berpartisipasi secara efektif dalam dunia digital. Di era modern yang terus berkembang, literasi digital sangat penting untuk beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju dan terus meningkatkan kemampuan individu dalam memanfaatkannya dengan bijaksana. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan pengertian literasi digital, manfaatnya, tantangannya, strategi untuk meningkatkannya. Yuk kita simak selengkapnya!

Apa yang dimaksud literasi digital

Sumber: English Departement Universitas Hasanudin

Literasi digital adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi digital dengan memahami dan menginterpretasikan informasi secara kritis. Hal ini melibatkan pemahaman tentang cara menggunakan perangkat teknologi, mengakses informasi secara efektif, mengevaluasi kebenaran dan keandalan informasi, serta membangun keterampilan komunikasi dan kolaborasi online.

5 Manfaat literasi digital

Literasi digital memiliki beberapa manfaat penting, antara lain:

  1. Akses ke Informasi 

Literasi digital memungkinkan individu untuk mengakses informasi dengan lebih mudah dan cepat. Dengan kemampuan menggunakan teknologi digital, seseorang dapat menjelajahi internet, membaca berita, mencari referensi, dan mengakses sumber daya pendidikan secara online. Hal ini membuka peluang untuk belajar dan mendapatkan informasi dari berbagai sumber.

  1. Komunikasi dan Kolaborasi 

Literasi digital melibatkan keterampilan dalam berkomunikasi dan berkolaborasi secara online. Individu dapat menggunakan media sosial, email, atau platform komunikasi lainnya untuk berinteraksi dengan orang lain secara virtual. Ini memfasilitasi kolaborasi dalam proyek, pertukaran ide, dan pemecahan masalah bersama dengan orang-orang di berbagai lokasi.

  1. Peningkatan Keterampilan Kerja 

Di era digital, keterampilan teknologi menjadi penting di tempat kerja. Literasi digital memungkinkan individu untuk menguasai alat dan aplikasi yang digunakan dalam lingkungan kerja modern. Kemampuan menggunakan perangkat lunak, analisis data, komunikasi online, dan manajemen informasi memberikan keunggulan kompetitif dalam karir seseorang.

  1. Kreativitas dan Inovasi 

Literasi digital membuka peluang untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi. Dengan akses ke berbagai alat digital, seperti perangkat lunak desain, platform multimedia, dan aplikasi pengeditan, individu dapat menciptakan konten digital, seperti gambar, video, musik, atau karya seni digital lainnya. Ini memungkinkan ekspresi diri, penemuan baru, dan pengembangan ide yang unik.

  1. Kesadaran dan Keamanan Digital

Literasi digital membantu individu dalam menghadapi tantangan dan risiko yang ada di dunia digital. Dengan pemahaman tentang keamanan online, privasi, dan etika digital, seseorang dapat melindungi diri mereka sendiri dan menghindari penipuan, perundungan, atau ancaman lainnya. Literasi digital juga melibatkan kemampuan untuk mengevaluasi informasi secara kritis, membedakan fakta dari hoaks, dan berpikir secara kritis tentang konten yang dikonsumsi dan dibagikan secara online.

5 Contoh literasi digital

Berikut ini adalah contoh literasi digital:

  1. Mencari dan Mengevaluasi Informasi 

Literasi digital melibatkan kemampuan untuk mencari informasi dengan efektif menggunakan mesin pencari seperti Google. Kemampuan untuk mengevaluasi kebenaran dan keandalan informasi yang ditemukan di internet juga merupakan bagian penting dari literasi digital.

  1. Komunikasi Online 

Literasi digital melibatkan kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif menggunakan berbagai platform komunikasi online, seperti email, pesan instan, media sosial, dan platform kolaborasi. Ini termasuk pemahaman tentang etika komunikasi online, penggunaan bahasa yang tepat, dan pemahaman tentang privasi dan keamanan dalam berkomunikasi online.

  1. Penggunaan Perangkat dan Aplikasi Digital 

Literasi digital mencakup pemahaman tentang penggunaan perangkat digital seperti komputer, smartphone, tablet, dan aplikasi yang berbeda. Kemampuan untuk mengoperasikan perangkat tersebut, mengelola file dan folder, serta menggunakan aplikasi yang relevan dengan tugas dan kebutuhan individu.

  1. Keamanan Online

Literasi digital juga melibatkan pemahaman tentang praktik keamanan online. Ini termasuk penggunaan kata sandi yang kuat, menjaga privasi data pribadi, mengenali dan menghindari ancaman keamanan seperti malware dan phishing, serta memahami risiko dan tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan informasi pribadi.

  1. Berpartisipasi dalam Media Sosial dan Komunitas Online

Literasi digital mencakup pemahaman tentang etika dan tanggungjawab dalam berpartisipasi dalam media sosial dan komunitas online. Ini termasuk kemampuan untuk berbagi konten dengan bijaksana, berinteraksi dengan orang lain secara online dengan sopan, mengenali informasi palsu atau tidak valid, dan memahami pentingnya menghormati privasi orang lain.

Mengapa literasi digital penting?

Di era digital yang semakin maju, literasi digital telah menjadi keterampilan yang sangat penting bagi setiap individu. Apa sebenarnya yang membuat literasi digital begitu penting? Mengapa kita perlu mengembangkan keterampilan ini? Mari kita jelajahi dunia literasi digital dan mengungkap betapa pentingnya dalam kehidupan kita.

  1. Menghadapi Dunia yang Terhubung

Dalam masyarakat yang semakin terhubung secara digital, literasi digital memainkan peran sentral dalam kemampuan kita untuk beradaptasi dan berpartisipasi. Dari mencari informasi hingga berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia, kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dan memahami lingkungan digital adalah kunci untuk tetap relevan dan sukses.

  1. Akses ke Informasi dan Peluang

Literasi digital memberikan akses yang tak terbatas ke informasi. Dengan kemampuan menggunakan mesin pencari, kita dapat menjelajahi sumber daya digital yang melimpah dan mendapatkan pengetahuan tentang hampir setiap topik yang kita minati. Hal ini membuka peluang belajar sepanjang hayat dan memperluas wawasan kita.

  1. Peningkatan Keterampilan Kerja

Di tempat kerja, literasi digital menjadi syarat mutlak. Pekerjaan masa depan akan sangat bergantung pada teknologi, dan keterampilan digital akan menjadi aset berharga. Kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak, berkolaborasi secara online, dan mengelola data digital akan membedakan individu dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.

  1. Kreativitas dan Inovasi

Literasi digital juga merupakan pendorong kreativitas dan inovasi. Melalui akses ke berbagai alat digital seperti perangkat lunak desain, aplikasi multimedia, dan platform kreatif, kita dapat mengungkapkan diri, menciptakan konten yang menarik, dan berbagi ide dengan dunia. Kemampuan untuk berinovasi dalam lingkungan digital membuka peluang baru dalam berbagai bidang, mulai dari seni hingga bisnis.

Cara meningkatkan literasi digital

Sumber: Graduate Program for Educator

Meningkatkan literasi digital membutuhkan komitmen dan upaya yang konsisten. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan literasi digital:

  1. Pendidikan dan Pelatihan

Melakukan pendidikan dan pelatihan terkait literasi digital adalah langkah penting. Sekolah, perguruan tinggi, dan lembaga pendidikan lainnya dapat menyediakan program yang mengajarkan keterampilan dan pengetahuan dasar tentang penggunaan teknologi digital, keamanan online, evaluasi informasi, dan etika digital.

  1. Eksplorasi Mandiri 

Mengambil inisiatif untuk secara mandiri menjelajahi teknologi dan sumber daya digital adalah cara efektif untuk meningkatkan literasi digital. Mengikuti tutorial online, membaca buku atau artikel terkait, dan mencoba berbagai aplikasi dan alat digital akan membantu meningkatkan pemahaman tentang teknologi.

  1. Partisipasi dalam Komunitas Digital

Berpartisipasi dalam komunitas digital, seperti forum online, grup diskusi, atau blog, dapat memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat dan pengetahuan serupa. Melalui diskusi dan kolaborasi, pengetahuan dan pemahaman tentang literasi digital dapat diperluas.

  1. Mengelola Privasi dan Keamanan 

Memahami praktik keamanan digital dan mengelola privasi secara efektif adalah bagian penting dari literasi digital. Menggunakan kata sandi yang kuat, memeriksa pengaturan privasi pada platform yang digunakan, dan berhati-hati dengan informasi pribadi yang dibagikan secara online akan membantu melindungi diri sendiri dari ancaman keamanan.

  1. Evaluasi Kritis Informasi 

Mengembangkan kemampuan untuk mengevaluasi informasi secara kritis adalah aspek penting dari literasi digital. Mengajarkan diri sendiri tentang bagaimana mengidentifikasi sumber yang valid, memverifikasi kebenaran informasi, dan menghindari penyebaran hoaks atau berita palsu akan membantu membangun literasi digital yang kuat.

  1. Menggunakan Sumber Daya Digital secara Efektif 

Mengoptimalkan penggunaan sumber daya digital, seperti mesin pencari, perpustakaan online, atau platform pendidikan, akan membantu meningkatkan literasi digital. Menjadi terampil dalam mencari informasi, menggunakan alat digital untuk belajar, dan berpartisipasi dalam kursus online akan membantu memperluas pengetahuan dan keterampilan.

  1. Praktek dan Pengalaman

Praktek secara konsisten dengan menggunakan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari akan membantu memperkuat literasi digital. Menggunakan perangkat digital untuk komunikasi, kolaborasi, atau pencarian informasi secara teratur akan membangun keahlian dan kepercayaan diri dalam penggunaan teknologi.

Coba free trial tanda tangan digital tersertifikasi di Dimensy

Digital Document Security atau Dimensy merupakan platform yang mendistribusikan produk keamanan digital. Dimensy menyediakan layanan tanda tangan digital yang aman dan mudah untuk digunakan.

Melalui Dimensy, Anda tidak hanya akan mendapatkan tanda tangan digital tapi juga produk keamanan digital mulai dari stampel digital, e meterai, otentikasi sertifikat digital hingga KEYLA. Selain itu, produk keamanan digital ini dapat Anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ayo beli produk keamanan digital perusahaan Anda di Dimensy sekarang juga!




ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.