Artikel Terkait

5 Cara Membuat Stempel Online untuk Bisnis Anda: Dijamin Mudah dan Cepat! Selasa, 14 Februari 2023 Tags : Stempel Digital
Stempel Perusahaan: Pahami Bentuk, Warna, Contoh & Kegunaannya Selasa, 22 November 2022 Tags : Stempel Digital
Masih Jaman Pakai Cap Basah Perusahaan? Beralih ke Stempel Digital, Begini Caranya! Rabu, 26 Oktober 2022 Tags : Stempel Digital
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Legalisir Ijazah Online Apakah Bisa? Kini Tak Perlu Repot lagi

Legalisir ijazah online apakah aman? Legalisir ijazah merupakan suatu cara untuk meningkatkan keamanan dan menjaga keaslian dari ijazah yang dilegalisir. Namun apakah proses ini dapat dilakukan secara online sehingga lebih mudah?

Dewasa ini adanya transformasi digital membuat berbagai bidang di kehidupan kita menjadi lebih mudah. Untuk itu setiap lembaga perlu beralih ke sistem digital karena lebih efisien dan mampu bersaing di masa ini. Tak terkecuali dengan adanya sistem legalisir ijazah.

Legalisir ijazah menjadi salah satu proses yang cukup menyita waktu dalam administrasi. Pastinya, ada cara lebih mudah yaitu melalui proses legalisir ijazah online. Dengan begitu sebuah lembaga seperti sekolah, universitas dan lembaga lain dapat lebih cepat dan efisien proses administrasinya.

Pengertian Legalisir Secara Umum

Legalisir adalah proses pembubuhan cap stempel basah dan tanda tangan asli pada dokumen sebagai bukti bahwa dokumen tersebut adalah dokumen yang asli. Proses legalisir ini dilakukan oleh pihak yang ingin melakukan legalisir dan pihak terkait tempat dokumen tersebut dikeluarkan.

Jadi jika Anda ingin melakukan legalisir yang diberikan adalah lembar fotokopi dari dokumen tersebut. Kemudian lembar fotokopi diberikan cap stempel oleh pihak berwenang. Dokumen legalisir tersebut juga diberikan tanda tangan sehingga keasliannya dapat divalidasi.

Dokumen legalisir dapat digunakan lebih lanjut untuk berbagai jenis kepentingan bidang administrasi. Dengan demikian dalam administrasi tersebut dapat dipastikan bahwa dokumen yang dikumpulkan sah. 

Dokumen yang Perlu dan Tidak Perlu Dilegalisir

Ada beberapa dokumen yang perlu Anda legalisir karena dokumen ini sangat penting terutama ketika Anda mengurus beberapa jenis administrasi. Berikut beberapa dokumen yang wajib dilegalisir

  1. Ijazah
  2. Transkrip Nilai
  3. Surat Keterangan Lulus (SKL)
  4. Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Kartu Keluarga
  7. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Selain itu, ada beberapa dokumen juga yang tidak perlu Anda legalisir seperti dibawah ini.

  1. KTP elektronik
  2. Kartu Keluarga dengan tanda tangan elektronik
  3. Dokumen Capil dengan tanda tangan elektronik

Dapat Anda perhatikan bahwa, dokumen elektronik tidak perlu proses legalisir karena dokumen ini dapat divalidasi keasliannya.

Apa itu Legalisir Ijazah?

Ijazah merupakan salah satu dokumen penting yang perlu Anda legalisir. Hal ini dikarenakan ijazah sangat berguna seperti mendaftar pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan melamar pekerjaan. Lalu apa itu legalisir ijazah?

Legalisir ijazah adalah proses yang dilakukan untuk mengesahkan ijazah yang menyatakan bahwa salinan tersebut adalah sah dan sesuai dengan aslinya. Tujuan dari legalisir ijazah ini adalah agar salinan dokumen menjadi sah dimata hukum

Proses legalisir ijazah ini memerlukan stempel basah dan tanda tangan oleh petugas yang berwenang. Contohnya adalah rektor, dekan, kepala sekolah maupun kepala dinas.

Saat ini proses legalisir ijazah dapat dilakukan dengan lebih mudah. Apalagi dengan sistem transformasi digital yang mulai banyak diterapkan. Alhasil, prosesnya dapat dilakukan secara online

Apakah bisa Legalisir Ijazah Online?

Tentunya proses legalisir ijazah cukup menyita waktu administrasi sekolah maupun universitas. Hal ini dikarenakan, banyak dokumen yang perlu diurus dan dipersiapkan. Alhasil, adanya peningkatan jumlah siswa dan mahasiswa akan meningkatkan waktu proses administrasi legalisir.

Untuk itu, legalisir ijazah online dapat menjadi solusi untuk sistem administrasi yang baik bagi lembaga Anda. Untuk itu, perlu dilakukan transformasi digital khususnya legalisir ijazah secara online. Apalagi transformasi digital ini sangat didukung oleh pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 95/2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Lalu apakah sekolah, universitas atau lembaga Anda bisa menerapkan legalisir ijazah secara online? Tentunya bisa, karena dengan kemajuan teknologi dibidang keamanan digital maka proses legalisir online dapat terlaksana dengan baik. Dan banyak universitas telah menerapkan sistem legalisir ijazah online.

Terapkan Sistem Legalisir Ijazah Online Bersama Dimensy

Dimensy merupakan penyedia layanan produk keamanan digital meliputi tanda tangan digital, stempel digital dan e meterai berbasis one stop and integrated services. Melalui produk keamanan tersebut, Anda dapat menerapkannya untuk sistem legalisir ijazah online di sekolah maupun universitas tempat kerja Anda.

Saat ini Dimensy sudah bekerja sama dengan universitas di Indonesia untuk melakukan transisi ijazah dan transkrip nilai dalam bentuk digital. Lalu bagaimana cara kerjanya sehingga aman dari pemalsuan?

  1. Ijazah dan transkrip digital yang diterbitkan oleh universitas diamankan dengan kriptografi
  2. Adanya kriptografi dapat menjamin isi dan keabsahan dokumen sehingga tidak dapat diubah dan tersertifikasi
  3. Ijazah dan transkrip nilai dalam format digital akan dibubuhi tanda tangan rektor dan dekan yang keasliannya dapat diverifikasi melalui aplikasi pemindaian
  4. Alhasil ijazah dan transkrip digital memiliki keamanan yang jauh lebih baik

Begitulah sistem dalam legalisir ijazah online menggunakan produk dari Dimensy. Tentunya hal ini akan mempermudah sistem kerja dari administrasi lembaga Anda. Selain itu, akan meningkatkan keamanan dari dokumen yang diterbitkan. 

Ayo permudah sistem dan administrasi lembaga Anda dengan transformasi digital bersama Dimensy sekarang juga!

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.