Artikel Terkait

Ingin Mendaftar P3K 2023? Ini Cara Pembubuhan e-Meterai nya! Selasa, 16 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Jangan sampai tertukar! Ini Contoh e Meterai yang Asli untuk Daftar CPNS 2023! Kamis, 11 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Ini Cara Bayar e-Meterai Agar Dapat Digunakan Dalam Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 09 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Daftar e Materai di Dimensy: Bisa digunakan untuk CPNS 2023 Kamis, 04 Januari 2024 Tags : E-Meterai
Cara Menggunakan E Materai Untuk Pendaftaran CPNS 2023 Selasa, 12 Desember 2023 Tags : E-Meterai
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Keunggulan E-Meterai Yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam pengurangan limbah kertas, kini peralihan menggunakan dokumen digital menjadi sebuah pilihan yang cukup gencar dikampanyekan. Selain dapat melestarikan alam, penggunaan dokumen elektronik juga dapat disimpan dengan aman dan minim kerusakan karena dapat disimpan dalam penyimpanan digital.

Hal ini membuat dokumen bisnis penting bisa dilakukan secara elektonik melalui jaringan internet. Dengan adanya dokumen digital  inilah yang membuat pemerintah mengeluarkan meterai elektronik sehingga dokumen tersebut menjadi alat bukti hukum yang sah.

Meterai elektronik (e-meterai) adalah jenis meterai dengan format digital yang memiliki ciri khusus dan memiliki unsur keamanan dari pemerintah Indonesia. Dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dijelaskan bahwa dokumen elektronik memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dengan dokumen kertas.

Perkembangan zaman yang semakin pesat menyebabkan penggunaan meterai tempel digantikan oleh meterai elektronik. Berikut ini adalah keuntungan dari meterai elektronik:

1. Mudah Digunakan

Jika sebelumnya untuk mendapatkan sekeping meterai kita harus ke toko alat tulis atau mini market, sekarang kita bisa membeli meterai secara online. Selanjutnya, kemudahan dan yang terpenting adalah penyederhanaan pembubuhan segel pada sistem elektronik. Dimana sebelumnya meterai harus ditempel menggunakan lem, kini pemasangan meterai dapat dilakukan dengan menggunakan platform dokumen digital.

2. Meminimalisir Tindak Pemalsuan Dokumen

Dengan adanya meterai elektronik diharapkan dapat meminimalisir pemalsuan. Hal ini dapat dilakukan karena stempel dapat dibaca (dipindai) menggunakan aplikasi dan setiap meterai memiliki kode unik yang berbeda-beda di setiap serinya, sehingga dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

3. Meningkatkan Pendapatan Negara

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, penggunaan meterai elektronik bagi regulator akan menambah sumber pendapatan baru, khususnya bagi negara Republik Indonesia.

Dapatkan e-meterai resmi di platform DIMENSY. Hubungi kami sekarang untuk mempelajari lebih lanjut mengenai fitur apa saja yang ada pada Platform DIMENSY, kunjungi DIMENSY.ID.

Phone : +621 39721721
Whatsapp : +62 813-8855-3030
Sales : sales@dimensy.id
Customer Support : support@dimensy.id

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.