Artikel Terkait

E-Signature: Pengertian, Keuntungan, dan Legalitas Tanda Tangan Elektronik Rabu, 21 Juni 2023 Tags : Tanda Tangan Digital
Perbedaan Antara TTD Basah dan TTD Elektronik: Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Senin, 19 Juni 2023 Tags : Tanda Tangan Digital
Paraf vs tanda tangan: Apa perbedaannya? Rabu, 14 Juni 2023 Tags : Tanda Tangan Digital
Cara menempel materai menurut hukum terbaru di Tahun 2023 Senin, 12 Juni 2023 Tags : Tanda Tangan Digital
10 Contoh tanda tangan huruf "A" yang estetik, simple, tokoh terkenal Jumat, 09 Juni 2023 Tags : Tanda Tangan Digital
ic-logo

Worry no More! Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Manfaatkanlah layanan Easy Dimensy untuk melaksanakan proses E-Meterai dengan kemudahan dan kecepatan yang optimal.

Coba Easy Dimensy Sekarang!
Cara Membuat Tanda Tangan Sesuai Nama dari A-Z  yang Estetik, Intelek dan Menarik

Cara membuat tanda tangan sesuai nama bagaimana? Tanda tangan merupakan suatu coretan atau skema matematis yang khusus yang dibuat oleh seseorang untuk tujuan tertentu. Tanda tangan digunakan untuk membuktikan keabsahan suatu pesan atau dokumen yang diakui secara secara hukum. Tanda tangan digital memiliki legalitas yang sama dengan tanda tangan basah. Hal ini ditegaskan dalam Pasal 11 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE. 

Di mana, tanda tangan digital dibuat oleh pengguna secara langsung melalui perangkat layar sentuh mereka yang menggunakan ujung jari atau stylus. Sementara tanda tangan elektronik biasanya merupakan hasil scan atau foto pada tanda tangan fisik sehingga tidak memiliki fitur enkripsi yang baik seperti tanda tangan digital. Fungsi tanda tangan digital sendiri tak hanya diperuntukan untuk kepentingan sebuah perusahaan atau personal dalam suatu pekerjaan. Melainkan transaksi online juga sudah memulai dengan menyetujui persyaratan yang berlaku dengan tanda tangan digital. 

Tanda tangan digital merupakan informasi pribadi yang bersifat penting bagi pemegang sertifikat. Di mana, tanda tangan digital berkaitan dengan nama pengguna, alamat email, kode pin, negara, tanggal penerbitan, hingga nama otoritas hukum yang menerbitkan sertifikasinya. Bagaimana membuat tanda tangan yang baik dan aman? Mari kita simak selengkapnya!

Apakah Tanda Tangan Harus Menggunakan Huruf Depan Dari Nama?

Secara aturan dalam membuat tanda tangan tidak memiliki aturan khusus namun sebaliknya Anda bisa berkreasi membuat tanda tangan sesuai nama, baik menggunakan nama depan, tengah, atau akhir. Berikut panduan cara membuatnya:

  1. Pilih huruf yang sesuai dengan nama Anda, Anda dapat menggunakan huruf sesuai dengan nama depan, tengah atau  akhir. Huruf tersebut pada tanda tangan Anda dapat memberikan identitas bahwa huruf yang digunakan dapat berupa bagian dari nama Anda.
  2. Buat coretan khas dalam membuat tanda tangan Anda. Anda dapat menggunakan metode Amati, Tiru, Modifikasi (ATM) dari berbagai inspirasi coretan tanda tangan orang terkenal, seperti artis, atau atlet.
  3. Lakukan eksperimen dengan contoh-contoh yang Anda temukan, dan lakukan eksperimen dengan metode  ATM, dengan begitu Anda bisa menciptakan tanda tangan yang benar-benar unik.
  4. Praktikan tanda tangan terakhir, praktikan tanda tangan Anda tadi agar coretannya terlihat natural. Anda bisa praktek menggunakan kertas kosong maupun dibuat tanda tangan online. Bila sudah pede dengan hasilnya, Anda bisa mulai menggunakannya untuk tanda tangan berbagai dokumen.

Tanda Tangan Menggunakan Nama Atau Simbol Angka

Tanda tangan tidak boleh diberikan kepada orang lain secara bebas untuk menghindari penyalahgunaan identitas yang menyebabkan kerugian. Anda harus mulai membuat tanda tangan yang baik dan benar agar tidak mudah disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pada umumnya di negara Indonesia membuat tanda tangan tidak memiliki aturan khusus bagi warganya, sehingga warga nya bebas menentukan bentuk atau goresan yang akan digunakan sebagai tanda tangan. namun goresan yang dibuat dapat mencerminkan identitas orang tersebut. misal nya nama Anda Rendi, Anda dapat membuat tanda tangan dengan awalan huruf “R” yang kemudian ditambah dengan goresan bebas sesuai keinginan Anda. 

Simbol seperti angka  dapat digunakan sebagai awalan dalam membuat tanda tangan. Angka dipilih sesuai kebutuhan Anda dan dapat memilih angka yang Anda sukai. Misal Anda ingin menggunakan suatu simbol, angka  berdasarkan nomor punggung pemain bola favorit, Tahun lahir ataupun simbol angka yang memiliki arti bagi Anda. Jika Anda ingin memilih cara ini, tuliskan bagian huruf dengan lugas dan sederhana, lalu tambahkan goresan sesuka Anda.

Cara Membuat Tanda Tangan Dari Huruf A-Z

Beberapa contoh tanda tangan dengan awal huruf alfabet yang dapat menjadi inspirasi Anda dalam membuat tanda tangan : 

1. Huruf B

2. Huruf C

3. Huruf E

4. Huruf H

5. Huruf K

6. Huruf M

7. Huruf O

8. Huruf V

9. Huruf X

10. Huruf Z

Cara Menganalisis Tulisan Tangan (Grafologi)

Grafologi adalah suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mengenali, mengetahui, dan mengevaluasi kepribadian seseorang. Metode yang digunakan melalui proses penarikan dan pola yang ditampilkan oleh tulisan tangan Anda.Saat menulis gerak otot halus jari jemari Anda, itu merupakan perwujudan dari gerak refleks otot halus atas stimulus alam bawah sadar. Gerak tersebut dapat disebut dengan Ideo Motor Responses (IMR).

Gerakan tangan ketika membuat sebuah goresan tersebut terjadi secara spontan tentang apa yang sedang dalam pikiran Anda, tanpa sadar apa yang sedang Anda pikirkan. Dalam dunia medis,gerakan tersebut dapat membantu menganalisa penyakit yang diderita oleh pasien. Simak terus ya!

1. Tanda Tangan yang Tidak Terbaca

Tanda tangan yang tidak terbaca atau abstrak mengartikan bahwa kamu mempunyai kepribadian yang tertutup, sehingga orang lain tidak mudah mengerti apa yang kamu pikirkan.

2. Membaca Tanda Tangan dengan Keterangan Nama yang Jelas

Membuat goresan tanda tangan dengan huruf yang terdapat didalam tulisan nama Anda, Hal tersebut dapat menunjukkan sifat ekspresif Anda. Dengan menonjolkan nama depanmu dalam membuat goresan tanda tangan bisa menjadi tanda,  jika Anda ternyata mempunyai tingkat percaya diri yang tinggi. 

3. Peletakan Tanda Tangan dengan Tulisan

Jika Anda menempatkan goresan di atas tulisan, hal ini dapat memberikan informasi bahwa Anda masih ragu dengan informasi yang Anda sampaikan. Sebaliknya semakin dekat tanda tangan Anda dengan tulisan, hal ini menunjukan Anda yakin terhadap apa yang Anda sampaikan.

4. Posisi Tanda Tangan Berada di Kanan

Jika Anda adalah orang yang menggoreskan tanda tangan di posisi kanan dan jarak yang ideal baik dengan kalimat terakhir, hal ini menunjukan bahwa Anda adalah seorang sosok yang mudah bersosialisasi dan seorang yang berinisiatif yang bagus.

5. Posisi Tanda Tangan Terlalu Kanan

Berbeda dengan keterangan di atas, Jika Anda menggoreskan tinta Anda berada di posisi terlalu kanan hingga sejajar dengan batas akhir tulisan. Hal tersebut menunjukan bahwa Anda  adalah seseorang yang hiperaktif, tidak sabaran, dan lebih tidak suka dengan peraturan yang berlaku.

6. Posisi Tanda Tangan Berada di Kiri

Posisi Goresan tinta terletak terlalu kiri, menandakan Anda adalah orang yang kurang percaya diri. Apakah itu benar-benar fakta, jika benar tenang aja masih ada waktu untuk merubahnya. silakan bereksperimen dengan goresan baru.

7. Diakhiri oleh Titik

Setelah membuat goresan tanda tangan Anda dan memberikan titik pada tanda tangan. Tanda tangan tersebut bukan kependekan dari nama Anda,  Itu menunjukan kepribadian Anda yang mudah curiga kepada orang lain.

Tapi jika kamu sudah percaya dengan seseorang, aku akan menaruh kepercayaan yang tinggi kepada orang lain, dari situ biasanya kamu sering dimanfaatkan oleh orang lain.

8. Dilihat dari Ukuranya

Membuat goresan tinta Anda lebih besar dari pada hasil tulisan di atasnya, hal tersebut dapat menunjukan bahwa Anda  memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Jika goresan tanda tangan Anda lebih besar lagi maka dapat diartikan bahwa kamu merupakan orang yang egois, terlalu percaya diri, manipulatif, dan suka mencari perhatian orang lain.

9. Tanda Tangan Berbentuk Lancip atau Tajam

Jika Anda adalah orang yang memiliki tanda tangan lancip atau bisa disebut juga seperti gambar rumput. Tanda tangan tersebut dapat diartikan bahwa Anda merupakan orang yang cerdas, semangat, agresif, berani, dan kelihatan berwibawa serta berpendidikan.

10. Tanda Tangan yang Mengarah Naik

Tanda Tangan yang memiliki goresan mengarah ke atas merupakan orang yang memiliki ambisi tinggi dan tidak pantang menyerah sebelum tujuanmu tercapai. Selain itu, orang yang memiliki tanda tangan seperti itu juga merupakan orang yang ramah, hangat, dan peduli dengan orang lain.

11. Tanda Tangan yang Cenderung Menurun

Goresan tinta yang menurun dapat memberikan informasi bahwa  Anda sedang mengalami pikiran yang tidak karuan dan merasa lelah dengan hasil yang Anda capai.

Coba Free Trial Digital Signature di Dimensy !

Anda mungkin pernah menggunakan banyak layanan tanda tangan digital, tapi apakah Anda yakin tanda tangan tersebut sah di mata hukum? Jangan ambil risiko! Pilihlah tanda tangan tersertifikasi untuk surat penting Anda. Dengan tanda tangan tersertifikasi, keabsahan dokumen akan terjamin dan Anda memiliki bukti yang kuat di mata hukum.

Dimensy menawarkan FREE TRIAL layanan tanda tangan tersertifikasi. Selain tanda tangan digital, Dimensy juga menyediakan stampel digital, e meterai, otentikasi sertifikat digital, dan banyak lagi. Semua produk keamanan digital yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Bergabunglah dengan Dimensy sekarang dan dapatkan keamanan digital terbaik untuk bisnis Anda. Cobalah FREE TRIAL Tanda Tangan di Dimensy sekarang!

FREE TRIAL

 

ic-logo

Worry no More!
Dengan Dimensy, Semua jadi EASY

Selesaikan lebih banyak tugas dengan mudah dan cepat
Gunakan solusi Dimensy untuk pembubuhan e-meterai yang telah terbukti di banyak bisnis.